Kenalkan Empat Pulau Calon Objek Wisata Baru di Maluku!

Kenalkan Empat Pulau Calon Objek Wisata Baru di Maluku!

Kenalkan Empat Pulau Calon Objek Wisata Baru di Maluku!

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Maluku menyiapkan empat pulau di Maluku untuk menjadi objek wisata baru. Keunggulan dan daya tarik keempat pulau tersebut sudah dipetakan. Apa saja pulau tersebut, mari kenali lebih dekat.

Gunung Api Banda
Gunung Api Banda

Gunung Api Banda

Sesuai namanya, pulau ini adalah sebuah gunung api di laut Banda, tepatnya di Kepulauan Banda Neira, Maluku Tengah. Luasnya 734,46 hektar. Gunung setinggi 656 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini jadi salah satu nilai jual untuk penyuka petualang.

Selain itu, Gunung Api Banda juga memiliki 23 jenis burung endemik, salah satunya raja udang (Halcyon macleayii).

Garis pantai Pulau Marsegu
Garis pantai Pulau Marsegu

Pulau Marsegu

Pulau Marsegu berada di Kabupaten Seram Bagian Barat. Luasnya 1809,6 hektar. Ketinggian pulau ini hanya 5 mdpl.

Marsegu dalam bahasa setempat berarti kelelawar. Sesuai namanya, pulau ini dihuni kelelawar. Tapi, selain kelelawar, pulau ini juga habitat kepiting kenari dan burung Maleo Senkawor. Air yang jernih dan pasir putih juga jadi nilai jual Marsegu.

Penduduk sekitar biasanya datang ke Pulau Marsegu untuk memancing dan berkemah. Di pulau ini sudah disediakan dua sumur air tawar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang akan berkemah.

Burung Maleo Senkawor
Burung Maleo Senkawor

Pulau Kassa

Kassa tak jauh beda dengan rekannya Marsegu. Pulau ini juga terletak di Kabupaten Seram Bagian Barat. Luasnya 53 hektar dan menjadi habitat burung Maleo Senkawor. Pulau Kassa juga menawarkan keindahan biota lautnya.

Terdapat kurang lebih 70 jenis ikan di pulau ini. Ikan tersebut terbagi dalam beberapa kategori seperti butterflyfish, parrotfish, black and white snapper, dan surgeonfish.

Burung Pombo
Burung Pombo

Pulau Pombo

Pulau ini dinamai sama dengan nama fauna andalannya: burung pombo (Ducula Bicolor). Pulau Pombo terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Luasnya 98 hektar.

Selain burung pombo, pulau ini juga menawarkan pasir putih dan keindahan biota laut untuk penyelam.

Pulau Pombo termasuk dalam kawasan konservasi dan sumber daya alam dengan kategori kawasan suaka alam. Artinya untuk berkunjung, harus mendapat izin dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Maluku.

Sumber : kompas, berbagai sumber
Sumber Gambar Sampul : www.wovgo.com, www.nationalgeographic.co.id, www.indonesiakaya.com, s3.zoochat.com.s3.amazonaws.com

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Misi Membangun Kerajaan Digital Asia Tenggara Sebelummnya

Misi Membangun Kerajaan Digital Asia Tenggara

Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia! Selanjutnya

Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia!

jonatjack
@jonatjack

jonatjack

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.