Daftar 10 Negara ini Akan Membuat Kita, Bangsa Indonesia, Bangga

Daftar 10 Negara ini Akan Membuat Kita, Bangsa Indonesia, Bangga
info gambar utama

”Kedermawanan adalah candu bagi mereka yang berpunya,” ujar sastrawan Nigeria Chinua Achebe. Namun benarkah hanya yang berpunya yang gemar berbagi pada orang lain? Tidak sepenuhnya benar.

Setidaknya berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh lembaga internasional Gallup mengungkap daftar negara paling dermawan di dunia. Data tersebut diterbitkan di Forbes, bulan lalu. Peringkat pertama ditempati oleh Myanmar. Data tersebut menyebutkan bahwa sebagian besar penduduk Myanmar sering melakukan sumbangan amal secara rutin dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Myanmar menduduki peringkat pertama dengan presentase 91 persen penduduk yang senang beramal. Ajaran Budha Theravada yang dianut oleh warga Myanmar dianggap memiliki andil yang cukup besar dalam pemberian sumbangan dibanding negara-negara Asia lainnya.

Dalam ajaran tersebut disebutkan bahwa perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan sekarang akan berimbas baik di kehidupan mereka selanjutnya.

Caption (Sumber Gambar)

Dan hebatnya, ada Indonesia di daftar tersebut. Indonesia memang beberapa kali berada di urutan atas dalam daftar negara-negara paling suka berbagi, atau dermawan. Dan tentu, ini membanggakan bukan ? Dalam survei tersebut, sebanyak 75 persen warga Indonesia menyumbangkan untuk amal dalam satu bulan terakhir.

Berikut daftar lengkap negara yang paling dermawan di dunia:

10. Irlandia
Jumlah penduduk senang beramal: 66 persen

9. Belanda
Jumlah penduduk senang beramal: 66 persen

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini