Lupa Sandi?

Bersiaplah, Festival Baduy 2016 Segera Debut di Banten!

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
0 Komentar
Bersiaplah, Festival Baduy 2016 Segera Debut di Banten!

Upaya Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan potensi daerah di Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia terus digalakkan. Kabupaten Lebak, Banten, menjadi satu dari 10 Bali Baru yang telah dicanangkan oleh Kemenpar, dimana Tanjung Lesung menjadi primadona dalam festival ini.

Seperti yang dilansir oleh Liputan6, Arman Bin Kaipin selaku Panitia Pelaksana Festival Baduy 2016 mengatakan, ini merupakan debut festival Baduy pertama kalinya. Acara ini bertujuan untuk memancing wisatawan untuk datang ke Banten sekaligus dapat menengok Tanjung Lesung nan indah.

Tanjung Lesung, Banten (1.bp.blogspot.com)
Tanjung Lesung, Banten (1.bp.blogspot.com)

Adat dan budaya Baduy memang telah lama menjadi pusat perhatian wisatawan lokal maupun asing. Masyarakat adat yang tinggal di pegunungan Kendeng dengan ketinggian hingga 600 mdpl ini lebih senang menyebut diri mereka sebagai urang Kanekes. Tidak hanya dikenal memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah, namun jika kita masuk lebih dalam, kita akan menjumpai masyarakat adat yang unik.

Masyarakat Kanekes masih memegang adat tradisional yang kuat seperti tidak memakai alat elektronik, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan untuk transportasi, dan menggunakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri.

Baca Juga

Arman menjelaskan, perpaduan antara masyarakat adat yang hangat dan alam yang masih terjaga dengan baik merupakan keharmonisan yang jarang sekali dijumpai di kota besar termasuk Jakarta.

Berbagai kegiatan dalam Festival Baduy 2016 seperti pagelaran seni dan budaya, pameran-pameran produk buatan masyarakat Baduy, pemecahan rekor menenun, kerajinan produk Baduy, pembangunan Gerbang Baduy, dan sosialisasi digital marketing di Baduy siap menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Baduy sangat cocok sebagai pusat festival kali ini karena udara yang segar tanpa polusi dan area permukiman yang bersih tanpa sampah berserakan. Mata pencaharian masyarakat kanekes ini adalah bertani, namun mereka juga membuat tenun yang cocok digunakan sebagai souvenir.

Tenun Baduy (kompas)
Tenun marupakan salah satu hasil kerajinan dari masyarakat Baduy (kompas)

Di Tanjung Lesung, Banten, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata tengah dibangun sebagai amenitas baru. Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sedang dalam proses.

Perhelatan itu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.




Sumber :

lifestyle.liputan6


Sumber Gambar : 1.bp.blogspot

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih100%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie