Segera Hadir di Banyuwangi, Terminal Bandara dengan Konsep “Go Green” Pertama di Indonesia

Segera Hadir di Banyuwangi, Terminal Bandara dengan Konsep “Go Green” Pertama di Indonesia
info gambar utama

Banyuwangi terus berbenah, menata diri menjadi lebih baik dari hari ke hari. hal itu wajar adanya, sebab kota ini tengah naik daun sebagai kota wisata yang tidak kalah megahnya dengan kota – kota lainnya. Kali ini, pembangunan bandara dengan konsep gogreen alias ramah lingkungan telah hampir selesai. Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi menyatakan bahwa pembangunan terminal kedatangan baru ini adalah suatu bentuk perhatian dari pemerintah untuk mengembangkan ekonomi berbasis wisata.

“Terminal baru akan menjadi ikon baru yang bisa menarik wisatawan. Ini adalah terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia. tanpa AC dengan arsitektur yang unik dan berkarakter,” kata Anas. Ia juga menjelaskan bahwa lonjakan jumlah penumpang ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi membuat maskapai penerbangan mulai optimis menambah jumlah frekuansi penerbangan ke kota yang dijuluki the sunrise of java ini. Per 30 oktober 2016, frekuensi penerbangan ke Banyuwangi dari Surabaya bertambah menjadi empat kali dalam sehari, setelah sebelumnya hanya tiga kali.

“Pilihan waktunya juga makin lengkap dari pagi hingga sore hari, sehingga memudahkan para wisatawan, dunia usaha dan masyarakat luas untuk menuju ke Banyuwangi. Ini ikut menggerakkan perekonomian lokal,” tambah Anas.

Sebagaimana dijelaskan, terminal baru Bandara Blimbingsari sedang dibangun dengan konsep arsitektur hijau tanpa AC. Pembangunannya telah mencapai 85 persen, dan diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2017. Hingga Agustus 2016, bandara ini telah melayani lebih dari 71.000 penumpang. Diperkirakan bahwa lonjakan penumpang hingga akhir tahun akan mencapat 120.000 orang.

Sementara itu, pendapatan per kapita warga melonjak sebanyak 80 persen dalam periode 2010 ke 2015. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) juga naik 85 persen pada rentang waktu yang sama. hal ini menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh pemerintah banyuwangi dalam pembenahan kota ini melalui pengembangan sektor wisata menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.



Sumber : cnnindonesia.com
Sumber Gambar Sampul :banyuwangibagus.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini