KAPAL PEMUDA ASIA TENGGARA - JEPANG (THE SHIP FOR SOUTHEAST ASIAN AND JAPANESE YOUTH PROGRAM)

KAPAL PEMUDA ASIA TENGGARA - JEPANG (THE SHIP FOR SOUTHEAST ASIAN AND JAPANESE YOUTH PROGRAM)
info gambar utama

The Ship for Southeast Asian Youth Program (SSEAYP) atau Kapal Pemuda Asia Tenggara – Jepang dimulai pada tahun 1974. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh negara ASEAN dan Jepang dengan tujuan untuk mempromosikan sikap saling menghormati, sikap saling kesepahaman, dan pertemanan di antara masyarakat Jepang dan negara-negara ASEAN untuk masa depan yang lebih baik.

Peserta SSEAYP dari setiap negara merupakan hasil seleksi dan pelatihan kepemimpinan terhadap pemuda- pemudi di negara masing-masing. Setiap negara mengirimkan 28 orang pemuda yang disebut sebagai Participating Youth dan satu orang pemimpin delegasi yang disebut sebagai National Leader. Total keseluruhan peserta yang mengikuti program ini adalah kurang lebih 330 orang setiap tahunnya.

SSEAYP sendiri terbagi ke dalam dua aktivitas utama yaitu aktivitas di atas kapal (onboard activities) dan kunjungan ke negara-negara peserta (country program). Aktivitas yang dilakukan di atas kapal meliputi diskusi kepemudaan, pertukaran seni budaya, peningkatan solidaritas dan persaudaraan, dan pertunjukan seni budaya dari masing-masing negara peserta, dan upacara pengibaran bendera. Sedangkan aktivitas di negara yang dikunjungi meliputi upacara penyambutan, kunjungan kenegaraan, kunjungan institusi, interaksi dan diskusi dengan pemuda lokal, jamuan makan malam, pertunjukan seni budaya, homestay di rumah orang tua angkat, dan juga upacara pelepasan.

Selama program berlangsung, peserta dituntut untuk menerapkan prinsip persahabatan dan saling kesepahaman dalam berbagai kegiatan. Program yang turut bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan pemuda ini juga menuntut peserta untuk dapat merancang program kontribusi sosial sekembali mereka ke negara masing-masing. Program kontribusi sosial setelah mengikuti SSEAYP ini dikenal dengan nama Post Program Activity. Post Program Activity terakhir yang dilaksanakan pada tahun 2015 meliputi penyuluhan mengenai pengurangan risiko bencana banjir, gempa bumi, dan tsunami yang dilaksanakan di berbagai provinsi di Indonesia.

SSEAYP International Indonesia, Inc. (SII) merupakan asosiasi perkumpulan alumni SSEAYP dari Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 September 1987 di atas kapal Nippon Maru yang berlabuh di Semarang, Jawa Tengah untuk kunjungan kenegaraan di Indonesia. Terhitung sejak tahun 1974 hingga tahun 2015 anggota SII telah berjumlah kurang lebih 1.300 orang. Saat ini SII dipimpin oleh Oddy Medrian—alumni program tahun 1999—yang menjabat sebagai presiden organisasi. Selain itu SII juga memiliki dewan penasihat yang disebut sebagai Majelis SII yang saat ini diketuai oleh Dr. Rino Wicaksono—alumni program tahun 1983.



Sumber : Redaksi SSEAYP International Indonesia Inc.
Sumber Gambar Sampul : Redaksi SSEAYP International Indonesia Inc.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini