Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Museum Stiker Pertama Asia, Ada di Indonesia

Arif B Setyanto
Arif B Setyanto
0 Komentar
Museum Stiker Pertama Asia, Ada di Indonesia
Museum Stiker Pertama Asia, Ada di Indonesia

Stiker sudah menjadi bagian umum dari kehidupan. Dalam keseharian kita pasti mendapati stiker ada dimana mana seperti : helm, pintu rumah, sepeda motor, mobil, dan di berbagai tempat ruang publik. Tapi bagaimana kalau stiker yang notabene street art beralih untuk diarsipkan dan dimuseumkan?.

 

Easy Tiger, Asia #1 Stickers Museum (http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/)
Easy Tiger, Asia #1 Stickers Museum (http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/)

Berawal pada Juli 2012, Oscar Meiffi yang mendapatkan beasiswa ke Belanda, saat dia berada di Amsterdam dia hendak mengunjungi Rumah Anne Frank, tapi karena antrean saat itu sedang ramai dia langsung banting setir menuju ke sebuah museum bernama Electric Ladyland Museum yang mengoleksi benda-benda mengandung material glow in the dark. Dari situlah muncul keinginan untuk membuat museum, dan kebetulan Meiffi mempunyai koleksi stiker sejak tahun 2010. Akhirnya, berdirilah Easy Tiger yang fokus untuk memuseumkan stiker dan beralamat di jalan Tambaksari No.3A Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80228.

Easy Tiger memiliki tagline Asia #1 Sickers Museum yang berarrti bahwa Easy Tiger adalah museum stiker pertama di Asia. Disisi lain, tagline itu dipilih untuk memberitahukan adanya museum stiker. kenapa hanya Asia tidak dunia ?, hal itu dikarenakan adanya museum stiker yang lebih dulu berdiri di Jerman tepatnya di kota Berlin yang bernama Hatch Kingdom. “Hatch Kingdom, Worlds #1 Stickers Museum besutan Oli Baudach memegang peranan penting dalam terbentuknya museum saya. Sebab museum ini sangat menginspirasi saya untuk melakukan proyek serupa” kata Meiffi. Bedanya, Hatch Kingdom memfokuskan diri pada stiker-stiker street art sedangkan Easy Tiger terhadap semua stiker, apapun itu tanpa terkecuali.

Baca Juga

Pergerakan Easy Tiger awalnya malah dari “luar”, pada kurun tahun 2012-2013 Meiffi melakukan promo ke salah satu grup facebook yang bernama Internasional Sticker. Tanggapan dari mereka pun sangat antusiais dengan proyeknya. Sedangkan di Indonesia belum sempat untuk mengadakan promosi, karena belum bertemu teman-teman yang apresiatif. Easy Tiger lebih mengenal dengan teman-teman seniman setelah mengadakan serta mengikuti beberapa pameran stiker. Bahkan Easy Tiger sudah banyak berpameran di beberapa negara-negara benua Eropa, Amerika, dan Asia seperti Jerman, Swedia, Philipina, Brazil, USA, dan masih banyak lagi.

Paket Stiker yang akan dikirimkan untuk pameran (http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/)
Paket Stiker yang akan dikirimkan untuk pameran (facebook Easy Tiger Asia #1 Stickers Museum)

Sekarang Easy Tiger sudah berkembang, bukan hanya sebuah museum saja. Melainkan berkembang menjadi toko kecil untuk mendukung seniman-seniman lokal. Easy Tiger juga menjadi perpustakaan mini, karena kebetulan Meiffi yang merupakan director Easy Tiger meiliki cukup banyak koleksi buku, jadi lumayan untuk baca-baca.

Koleksi stiker di Easy Tiger sangat beragam, mulai dari stiker-stiker yang datang dari masa lampau sampai saat ini. Hal itu didasari oleh misi awal Easy Tiger yaitu mengarsip lalu mendokumentasikan berbagai macam seni stiker yang berada di ruang publik, juga menginvasi ruang publik untuk mempopulerkan seni stiker itu sendiri. Indonesia merupakan surga stiker dunia, bisa dibilang begitu karena lapak jualan stiker disini sangat banyak dan tersebar di toko-toko pulsa, fotocopy sampai dipinggir jalan, tapi berbanding kebalik dengan apreasiasi terhadap seni stiker. Maka Easy Tiger merasa mendapat panggilan untuk “memasyarakatkan stiker dan men-stiker-kan maysarakat”.

Suasana dalam pameran Sticker (http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/)
Suasana dalam pameran Sticker (http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/)

Dalam blognya Easy Tiger anda bisa menemukan stiker-stiker yang diarsipkan Easy Tiger. Anda juga bisa mendapatkan salinan digital secara gratis.




Sumber : http://easytigerasia1ststickermuseum.blogspot.co.id/

Blurg Magazine


Sumber Gambar Sampul : https://www.facebook.com/Easy-Tiger-Asia-1-Stickers-Museum-581509221930252/

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIF B SETYANTO

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie