Lupa Sandi?

Tahun Ini Giliran Kuliner Indonesia Nampang di Frankfurt Book Fair

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Tahun Ini Giliran Kuliner Indonesia Nampang di Frankfurt Book Fair

Tahun 2015 lalu Indonesia berhasil memukau para pengunjung yang berasal dari berbagai Negara di Frankfurt Book Fair. Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tamu kehormatan (guest of honour) dalam ajang pameran buku terbesar di dunia itu.

Nah, tahun ini Indonesia akan kembali hadir di Frankfurt Book Fair yang akan diadakan pada 19-23 Oktober mendatang, tapi bukan lagi sebagai Guest of Honour. Di FBF ada satu hall yang banyak didatangi pengunjung, yakni Gourmet Gallery yang merupakan tempat pertemuan dan pameran hasil karya cetak maupun elektronik dari para penerbit, penulis, chef, produsen, jurnalis, lembaga wisata, fotografer, dan penata kuliner dari seluruh dunia. Dan di sanalah nanti buku wisata kuliner dan budaya Gorontalo Trailing the Taste of Gorontalo akan ditampilkan.

Sampul depan buku Trailing the Taste of Gorontalo (source image: Omar Niode Foundation)
Sampul depan buku Trailing the Taste of Gorontalo (source image: Omar Niode Foundation)

Omar Niode Foundation, sebuah lembaga nirlaba dari Indonesia yang menerbitkan buku Trailing the Taste of Gorontalo, kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner dan budaya di Provinsi Gorontalo, memperoleh undangan khusus untuk tampil di Gourmet Authors Center.

Baca Juga

Buku kumpulan kuliner dan budaya Gorontalo ini sebelumnya berhasil meraih penghargaan Best in the World dalam Gourmand World Cookbook Award 2016 untuk kategori Asian Cuisine from Asian Books. Amanda Katili Niode selaku Ketua Omar Niode Foundation mengatakan penghargaan ini menunjukkan bahwa wisata kuliner Gorontalo dihargai di tingkat dunia.

“Kami berterima kasih kepada Edouard Cointreau pendiri dan Presiden Gourmand Award yang mengundang dan mendorong Omar Niode Foundation untuk tampil kerena menurutnya para profesional di bidang wisata, kuliner dan perbukuan internasional akan berkumpul di Frankfurt dan Gorontalo perlu hadir,” ujar Amanda Niode dalam keterangan rilisnya.

‘Trailing the Taste of Gorontalo’ adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner di Provinsi Gorontalo.

Dengan tampilnya buku kuliner di ajang Frankfurt Book Fair 2016 Indonesia semakin optimis menjadi pusat gastronomi dunia (source image: Omar Niode Foundation)
Dengan tampilnya buku kuliner di ajang Frankfurt Book Fair 2016 Indonesia semakin optimis menjadi pusat gastronomi dunia (source image: Omar Niode Foundation)


Bermula dari catatan pengalaman 16 orang yang mengikuti perjalanan Kelana Rasa Gorontalo yang dipandu Arie Parikesit, buku ini berkembang dengan tambahan tulisan dari mereka yang bermukim di Provinsi Gorontalo.

Dalam buku tersebut, terdapat 24 tulisan, 57 foto, sembilan resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner, antara lain Chef William Wongso, Alessandra Khadijah Usman, Putri Indonesia Pariwisata 2010, serta Elena Aniere dari Slow Food International. Buku tersebut diharapkan bisa menjadi rujukan bagi mereka yang tergerak untuk berpetualang rasa di Gorontalo.

Beberapa kuliner khas yang dibahas dalam buku itu antara lain jagung lokal Milu Pulo dan kopi Pinogu kegemaran Ratu Belanda Wilhelmina. Ada juga tulisan dari Direktur Eksekutif World Food Travel Association Erik Wolf.

Sumber : Omar Niode Foundation | cnnindonesia.com
Sumber Gambar : Grafis Masa Kini

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata