Paduan Suara Mahasiswa IPB Juarai Kompetisi di Irlandia

Paduan Suara Mahasiswa IPB Juarai Kompetisi di Irlandia
info gambar utama

Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Agria Swara keluar sebagai juara pertama dalam The 4th Edtition City of Derry International Choral Festival, sebuah festival paduan suara dunia yang diadakan di City of Derry, Irlandia Utara pada 19 – 23 Oktober 2016 lalu. Dalam ajang ini, PSM Agria Swara menjadi perwakilan negara Asia, sementara peserta lainnya berasal dari Jerman, Polandia, Hungaria, Irlandia, Inggris, dan beberapa daerah di Irlandia.

PSM Agria Swara membawakan sekitar 18 buah lagu dalam festival ini, yang merupakan kombinasi dari lagu wajib, lagu pilihan dan lagu – lagu daerah. Lagu – lagu yang dikompetisikan adalah Unser Keiner Lebet Ihm Selber, Ready Made Alice, dan Gloria Patri, sementara lagu pilihan untuk Sacred Song adalah Deo Gratias, Denn Er Hat Seinen Engeln, Locus Iste, Miserere dan Salve Regina.

Lagu pilihan dari Irladia antara lain Irish Lullaby, Loch Lomond dan In The Town When I Was Born. Sementara lagu daerah yang dibawakan diantaranya Bungong Jeumpa, Gai Bintang, Janger, Lisoi, Ma Rencong-Rencong, Montor Montor Cilik, O Ina Ni Keke, Percuma, Soleram dan Yapo Mama Cica.

Dibawah bimbingan pelatih sekaligus konduktor Arvin Zeinullah dan Pembina Dr.Agus Lelana, PSM Agria Swara sudah berulang kali mencetak prestasi nasional maupun internasional. Diantarana adalah juara tiga untuk kategori mixed choir pada The 13th International Choir Contest of Flanders-Maasmechelen 2015 di Belgia, juara tiga di Swiss untuk katagori Mixed Voices Category 50th Montreux Choral Festival pada tahun 2014, penghargaan P.E.A.C.E Trophy prize 60th Fleischmann International Trophy Competition 2014 di Irlandia. Juga, pada tahun 2012 PSM Agria Swara Menjadi semifinalis pada The IV International Harald Anderson Chamber Choir Competition, Helsinki, Finlandia.

Selepas mengikuti festival ini, PSM Agria Swara akan melakukan konser pada acara Malam Indonesia di London, Inggris. Hal ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan The 7th International Mission in Art and Culture (IMAC)PSM IPB Agria Swara dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia melalui music dan tarian daerah.




Sumber : antaranews.com
Sumber Gambar Sampul :https://www.facebook.com/agriaswara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini