Menyusul Banyuwangi yang sudah sukses dengan implementasi go digital dalam  pengembangan pariwisata, Pemerintah Daerah Raja Ampat, Papua Barat menggandeng Telkomsel untuk membantun infrastruktur di Pulau Pianemo, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dengan koneksi yang kuat dan sinyal yang bagus untuk jaringan telekomunikasi.

“Di Kota Raja Ampat memang sudah ada Telkomsel, namun di pulau tempat berwisata belum ada. Nah, kami sudah beroordinasi dengan telkomsel, sesuai arahan pak menteri saat berkunjung ke pulau kami yang tersohor, Pulau Pianemo Raja Ampat, maka kami dan telkomsel akan memasang 18 titik baru Telkomsel di pulau – pulau yang ada di Raja Ampat, bulan depan. Ini semakin memudahkan wisatawan dalam berkomunikasi dan mengeksplor keindahan pulau kami,” ujar Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati.

Selain itu, ditambahkan bahwa upaya ini merupakan salah satu bentuk pemerintah daerah untuk terus mendukung program Kementerian Pariwisata yang meminta kepada seluruh potensi wisata daerah agar bisa memanfaatkan Go digital sebagai sarana untuk berpromosi dalam mengembangkan potensi wisata. Faris juga mengatakan bahwa Raja Ampat mendunia karena sosial media, dan keindahan Pianemo terpublish karena wisatawan menyebar lewat Instagram, facebook, youtube, twitter dan lainnya. Dengan penambahan jaringan makan peluang itu akan semakin terbuka di sosial media. “Kita akan menjaga nama besar Raja Ampat  terus di udara,” tambahnya.

Di bawah komando Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, seluruh pelaku usaha dan pariwisata di Raja Ampat dikumpulkan dalam acara Capacity Building untuk pengembangan potensi pariwisata. Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah dalam menggenjot dukungan implementasi Go digital pada pelaku usaha pariwisata di Raja Ampat agar melek terhadap hal tersebut. Pemda telah memeinrtahkan seluruh stakeholder pariwisata dan pelaku pariwisata untuk melek teknologi dan fokus mempromosikan wisata Raja Ampat melalui sosial media.

Tidak hanya penambahan titik operator sinyal, Pemda Raja Ampat juga mengemas website official Raja Ampat yang bertujuan untuk mempromosikan wisata. Kedepannya, telah disiapkan aplikasi mobile berbasis android yang berisikan tentang visit Raja Ampat. Ini akan sangat mendukung dalam pengembangan promosi wisata Raja Ampat dalam konteks wisata berbasis digital, dimana para wisatawan bisa berinteraksi dengan para pelaku wisata dan tempat wisata melalui gadget dimanapun berada.

Upaya pemerintah, dalam hal ini kementerian pariwisata untuk menggenjot go digital sebagai platform promosi pariwisata merupakan salah satu strategi agar pariwisata Indonesia tidak tertinggal dan kalah bersaing dengan negara – negara lain. Saat ini, go digital merupakan senjata yang paling tepat agar Indonesia bisa bersaing dengan negara – negara lain, bahkan bisa menjadi pemenang.    




Sumber : liputan6.com
Sumber Gambar Sampul :raja-ampat.biz

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu