Lupa Sandi?

Kesiapan Indonesia Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Kesiapan Indonesia Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia

Dunia pariwisata Indonesia semakin hari semakin berbenah, salah satunya adalah pada sektor wisata halal, yaitu konsep wisata yang ditujukan bagi wisatawan muslim dengan pelayanan yang merujuk pada aturan – aturan Islam. Contohnya adalah hotel – hotel, transportasi dan industri pariwisata yang memakai konsep islami seperti memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam menjalankan ibadah seperti penyediaan tempat sholat, pemberitahuan jadwal ibadah dan beragam hal lainnya.   

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sudah tentunya Indonesia memiliki berbagai kekuatan sebagai ujung tombak dalam penyediaan wisata halal di negeri ini. Arief Yahya, Menteri Pariwisata sempat mengungkapkan bahwa saat ini, pariwisata halal memang menjadi fokus dari kementerian pariwisata. Pembenahan demi pembenahan dilakukan dengan mengembangkan daerah – daerah yang potensial sebagai destinasi wisata halal di negeri ini. Bahkan beberapa bulan yang lalu diadakan kompetisi wisata halal nasional 2016 yang bertujuan untuk mempromosikan wisata halal Indonesia di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pembenahan dan kesiapan Indonesia saat ini bisa dikatakan sudah cukup baik. Dilansir dari merdeka.com, Perkembangan yang signifikan selama tiga tahun terakhir dengan kenaikan sebanyak 15,5 persen menunjukkan tingginya komitmen kementerian pariwisata untuk menciptakan pariwisata halal di Indonesia.  Bahkan dalam data terakhirnya, kementerian pariwisata menyebutkan bahwa pertumbuhan wisata halal Indonesia mencapai 6,3 persen dan merupakan yang tertinggi dari rata – rata pertumbuhan pariwisata dunia.

“Indonesia memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara, ini menjadi modal bagi kita,” jelas Arief. Seiring dengan itu, kesadaran masyarakat dan industry pariwisata nasional akan wisatawan muslim juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Indonesia dibandingkan dengan negara – negara lain. penghargaan wisata halal global juga mulai berdatangan, dimana pada tahun 2015 Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan destinasi wisata halal terbaik di dunia. Selain itu pada tahun yang sama pula Lombok meraih penghargaan sebagai destinasi wisata halal dan destinasi wisata bulan madu halal terbaik di dunia. Ini menjadi bukti bahwa mata dunia mulai tertuju pada wisata halal Indonesia. Bisa dipastikan bahwa dengan hal tersebut, target Indonesia untuk mencapai posisi sebagai kiblat wisata halal dunia semakin tinggi.  

Desember mendatang, Indonesia akan kembali unjuk gigi di dunia dengan mengikuti ajang World Halal Tourism Award (WHAT) 2016 di Abu Dhabi. Provinsi Aceh dan Sumatera Barat menjadi perwakilan dalam berkompetisi meraih penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Kita doakan semoga ada dengan berpartisipasinya Indonesia dalam ajang seperti ini, potensi wisata halal indonesia  akan terus dikembangkan dan menjadi daya tarik tersendiri di mata dunia. dengan demikian, target Indonesia menjadi kiblat wisata halal dunia pada 2019 menjadi mudah untuk diraih.




Sumber : berbagai sumber 
Sumber Gambar Sampul :hidayatullah.com 

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas