Lupa Sandi?

Sekilas Tentang KBBI edisi Kelima : 127 ribu Lema dan Makna

Athaya P. Belia
Athaya P. Belia
0 Komentar
Sekilas Tentang KBBI edisi Kelima : 127 ribu Lema dan Makna

Akhirnya, Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) resmi diluncurkan Jumat (28/10/2016), bertepatan oleh Sumpah Pemuda, oleh Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. KBBI edisi kelima ini terdiri dari 127.036 lema* dan makna.

KBBI terbaru ini versi cetaknya setebal 2.040 halaman, hampir dua kali lipat dari versi sebelumnya, yakni 1.400 halaman.  KBBI V versi daring juga sudah diluncurkan di alamat kbbi.kemdikbud.go.id. Pengguna yang terdaftar ini bisa mencari tautan kata turunan, kata gabungan, peribahasa, dan idiom dari kata yang dicari. Mereka juga bisa mengusulkan entri, makna, dan contoh baru dalam KBBI, perbaikan entri, makna, serta contoh dalam KBBI, dan lainnya.

Selain kamus, Tesaurus Tematis Daring juga terbit. Tesaurus ini dapat diakses melaui alamat ensiklopedia.kemdikbud.go.id. Ensiklopedia ini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya yang diterbitkan dalam versi cetak pada tahun 2013. Penyempurnaan ini mencakup pencermatan pemakaian bahasa, pelurusan informasi, serta penambahan jumlah artikel. Agar memperluas penyebaran dan mempermudah akses, ensiklopedi ini diluncurkan dengan bentuk daring.

Ensiklopedia Sastra Indonesia Daring ini memuat 581 artikel yang dikategorikan ke dalam enam kelompok lema: pengarang, karya sastra, media penyebar atau penerbit sastra, hadiah atau sayembara sastra, lembaga sastra, dan gejala sastra. Kategori ini terbagi dalam artikel yang disusun secara alfabetis.

Baca Juga

Peluncuran KBBI ini juga bertepatan dengan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Muhadjir Effendy memaparkan bahwa pengguna bahasa Indonesia kini mencapai sekitar 300 juta dan merupakan bahasa Austronesia terbesar di dunia. Menurutnya, ini berarti bahasa Indonesia merupakan bahasa terbesar nomor empat di dunia, lebih besar daripada bahasa Jepang maupun Jeman.

*lema: kata atau frasa masukan dalam kamus di luar definisi atau penjelasan lain yang diberikan dalam entri (kbbi web)



Sumber : Beritagar 
Sumber Gambar Sampul : ilustrasi

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ATHAYA P. BELIA

Menulis untuk mengingat dan diingat. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata