Lupa Sandi?

Gerakan 1000 Startup Digital Rambah Bumi Pasundan

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Gerakan 1000 Startup Digital Rambah Bumi Pasundan

Tingginya tren penggunaan perangkat digital di Indonesia menunjukkan bahwa teknologi menarik perhatian banyak pihak. Penggunanya yang semakin masif diiringi dengan peningkatan infrastruktur, membuat Indonesia menjadi siap untuk memasuki era baru. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bangsa ini mampu untuk memaksimalkan potensi ekonomi dari tren tersebut. Karena itulah kemudian Gerakan 1000 Startup Digital lahir dan setelah diadakan di beberapa kota, kini Bandung menjadi momentum berikutnya.

Bandung yang termasuk dalam jaringan kota kreatif dunia oleh UNESCO menjadi kota yang dianggap cocok menjadi basis ekosistem Startup Digital. Pun beberapa waktu lalu Kota Bandung juga digadang-gadang menjadi silicon valley versi Indonesia. Didukung dengan beberapa univesitas dan perguruan tinggi yang berkecimpung dalam bidang teknologi informasi, Gerakan 1000 Startup Digital diprediksi akan dapat bergulir di Bumi Pasundan. Dimulai dengan fase Ignition pada 5 November mendatang di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Sejauh ini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sudah menjaring 14.000 ribu calon startup founder.

Chief Executive KIBAR Kreasi, Inisiator Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Yansen Kamto mengungkapkan bahwa Bandung merupakan kota yang menjadi tolok ukur perkembangan usaha berbasis teknologi khususnya digital. 

"Bandung merupakan barometer perkembangan startup berbasis teknologi yang berpotensi besar menjadi salah satu pusat lahirnya usaha rintisan baru di bidang digital kreatif di Indonesia. Banyak komunitas yang cukup aktif dan eksis di kota ini, seperti komunitas pengembang game (GamedevBDG), komunitas Forum Web Anak Bandung (FOWAB) serta beberapa yang lain yang kami harapkan mampu menjadi sumber inspirasi dan panutan bagi calon startup founder dalam berinovasi dan berkreasi untuk pengembangan bisnisnya nanti. Keberadaan Bandung sebagai bagian dari jaringan kota kreatif dunia juga diharapkan mampu mendorong mereka untuk memiliki kompetensi global," kata‎ Yansen sebagaimana dijelaskan dalam rilis yang diterima GNFI.

Baca Juga

Gerakan 1000 Startup Digital bukanlah sebuah kompetisi untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan tertentu, namun merupakan sebuah gerakan yang bertujuan menciptakan ekosistem startup digital berkelanjutan yang memecahkan masalah besar yang berdampak bagi Indonesia. Diharapkan, bisnis berbasis teknologi digital di Tanah Air dapat semakin berkembang agar tujuan Indonesia untuk menjadi the Digital Energy of Asia pada 2020 bisa terwujud.

Inisiator Forum Web Anak Bandung (FOWAB) Yohan Totting yang juga menjadi mitra lokal Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, mengatakan, “Gerakan ini terbuka bagi seluruh insan muda kreatif dan inovatif dengan kompetensi yang beragam, dari yang memiliki kompetensi pemrograman aplikasi, desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, hingga kewirausahaan. Siapapun yang ingin berkontribusi untuk menjadi agen perubahan dan menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia, mari bergabung dan gerak sekarang!”

Harapannya, lewat gerakan ini Bumi Pasundan akan berkobar dengan lautan api semangat kemajuan teknologi digital. 

Sumber :GNFI

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas