Seni Budaya Indonesia Pikat Hati Masyarakat Meksiko

Seni Budaya Indonesia Pikat Hati Masyarakat Meksiko
info gambar utama

Seni budaya Indonesia tidak henti-hentinya memikat hati para wisatawan asing. Sebanyak tiga tarian Nusantara, yakni Rantak, Jaipong, dan Rejang, yang ditampilkan kelompok Grupo Tari Bali berhasil menarik perhatian penonton Festival La Nao 2016 yang diadakan di Fuerte de San Diego, Kota Acapulco, Meksiko.

"Sekitar 200 orang memadati Fuerte de San Diego menikmati aneka sajian multibudaya yang ditampilkan," demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa (1/10).

Pertunjukan tari Nusantara tampil bersama dengan musik tradisional dari Argentina, tari floklor dari Meksiko, dan musik perkusi dari Kolombia.

Festival ini diselenggarakan untuk memperingati kejayaan perjalanan Kapal La Nao ke Acapulco pada era abad ke-16 sekaligus memperkenalkan secara langsung budaya negara-negara yang dilalui Kapal La Nao yang turut mewarnai budaya masyarakat Acapulco.

Menurut Kepala Kanselerai KBRI untuk Meksiko Serikat Aji Setiawan, Indonesia aktif berpartisipasi dalam festival yang telah dilaksanakan sebanyak 10 kali tersebut. Bahkan di tahun 2013, Indonesia pernah menjadi Negara Tamu Festival La Nao.

Selain tampil di Fuerte de San Diego, benteng yang sekaligus musium sejarah Kota Acapulco, kesenian Indonesia juga ditampilkan di hadapan civitas academica Universitas Americana Acapulco (UAA) dengan Tari Rantak menutup Seminar Beasiswa Indonesia di UAA, yang diadakan KBRI dengan Kantor Pariwisata (Secretaria de Turismo) Kota Acapulco.

Salah satu alumni Darmasiswa dari Meksiko, Graciela Lopez dan Jessica Gamez, berbagi pengalamannya mengikuti Darmasiswa di Indonesia kepada 180 civitas academica UAA. Mereka dipercaya menjadi duta Darmasiswa di Meksiko.

"Rasa cinta mereka akan Indonesia yang mulai tumbuh saat mengikuti Darmasiswa di Indonesia diharapkan semakin menumbuhkan minat kalangan seni Meksiko untuk mengenal Indonesia melalui partisipasi dalam Darmasiswa," ujar Laksi Pensosbud KBRI Mexico City.

Sumber: Antara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini