Akhmad Gunadi atau yang lebih dikenal Agi Borneo sukses berlaga di ajang Rok Cup Internasional Italy 2016. Putra daerah Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Batara) ini, menjadi satu-satunya pegokart Indonesia yang menembus final. Padahal kompetisi ini diikuti perwakilan dari 52 negara.

Impian Agi Borneo untuk bersaing di ajang internasional akhirnya tercapai. Tahun pertama putra Bupati Batara ini, langsung menembus final race di Sirkuit South Garda, Lonato, Italia. Di tanah kelahiran pembalap top dunia itu, Agi turun di kelas senior rok pada Minggu, 23 Oktober 2016 lalu.

Agi Borneo berhasil menembus Final Rok Cup Internasional di Italia, pekan lalu. Sumber: Kalteng Pos
Agi Borneo berhasil menembus Final Rok Cup Internasional di Italia, pekan lalu. Sumber: Kalteng Pos

Meski kompetisi dunia, anak Hj Sri Hidayati Nadalsyah tersebut tidak gentar. Walaupun berat, hasil yang didapat tidak mengecewakan. Ujian mental pun dilewatinya, di heat 1 finish posisi 13. Kemudian mendapat penalti 10 detik di heat 2, sehingga menempati posisi 24.

Remaja kelahiran Muara Teweh, 13 Maret 1999 itu memberikan penampilan mengesankan di heat 3 dengan finis di urutan 13. Dari akumulasi heat, jumlah poin yang dikumpulkan membuat Agi Borneo lolos ke babak final.

sumber: Kalteng Post
sumber: Kalteng Pos

“Agi Borneo menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang masuk final di kelas senior. Dia ini sebenarnya mewakili Asia,” terang Manajer MBG Racing, Deddy Rosadi, Senin (31/10). Dia menceritakan, karier Agi Borneo memang menanjak, karena untuk lolos ke grand final harus juara di negaranya masing-masing, atau mewakili benua.

Deddy mengaku bangga dengan hasil yang dicapai Agi. Meski terhenti di final, lantaran ditabrak dari belakang. Namun, Agi telah menunjukkan usaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk Kalteng dan Indonesia.

Terlebih saat tampil, Agi tambah bersemangat dengan kehadiran H Nadalsyah, ayahandanya. “Adaptasi di track sangat singkat, tapi Agi mampu melewati,” ucapnya.

Agi sendiri mengaku bangga dapat mengibarkan Merah Putih di kejuaraan internasional. “Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Batara dan Kalteng, yang telah memberikan doa serta dukungan penuh kepada kami, pada balapan kejuaraan dunia di Italia tahun ini,” tuturnya.

sumber: Kalteng Pos
sumber: Kalteng Pos

Siswa SMA Islam Al Azhar 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu berharap, tahun depan masih diberikan kesempatan untuk menjuarai kejuaraan Rok Cup Indonesia maupun Asia, agar dapat mengikuti Rok Cup International Final 2017.

Sebagai informasi, Agi Borneo yang tinggal di Jalan Semoga Indah Muara Teweh ini, memulai karier balap profesionalnya sejak 2012. Kala itu November 2012, Agi mengikuti kejuaraan Asia Max Challenge yang diselenggarakan di sirkuit Sepang Malaysia. Dia berhasil finish urutan ke-10 dari 27 pegokart handal lainnya. Lalu 23 Maret 2013, Agi Borneo secara resmi membentuk MBG Racing. Sejumlah piala dan prestasi di berbagai ajang terus ditorehnya.

Nama Kalteng terus disebut, ia mengharumkan nama kota kelahirannya di pentas nasional dan nama Indonesia di panggung dunia balap.


Sumber : Kalteng Pos

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu