PSM Undip Bawa Pulang 5 Medali Emas dari Ceko dan Spanyol

PSM Undip Bawa Pulang 5 Medali Emas dari Ceko dan Spanyol
info gambar utama

Kabar gembira datang dari kontingen Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (PSM Undip) yang kembali meraih medali emas dari dua kompetisi bergengsi di Spanyol dan Ceko. Pada tanggal 19-23 Oktober 2016, PSM Undip berkesempatan mengikuti ajang kompetisi bertajuk “5th Canta Al Mar – Festival Coral International 2016”.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 49 paduan suara dari 24 negara antara lain Italia, Republik Ceko, Jerman, Austria, Swedia, dan Denmark ini, PSM Undip yang beranggotakan 38 penyanyi ini mengikuti 3 kategori dari total 13 kategori yang dilombakan dengan tingkat kesulitan yang tinggi (setiap peserta maksimal 3 kategori). ” 3 Kategori tersebut adalah Sacred Acapella Level 1 (kesulitan tertinggi), Mixed Choir Level 1, dan Folklore Category.

Dari 3 kategori tersebut, tim PSM Undip berhasil mendapatkan hasil yang sangat memuaskan yaitu juara 1 (medali Emas) pada Sacra Category menyingkirkan 17 tim lain, juara 1 (medali emas) pada Mixed Category mengalahkan tim-tim antara lain dari Italia, Norwegia, Latvia, dan Finlandia. Sementara di kategori folklore, PSM Undip berhasil mendapat medali emas dan dinobatkan sebagai 3rd winner of Folklore Category

Setelah kompetisi di Spanyol, PSM Undip melanjutkan lawatannya mewakili Indonesia dalam kompetisi “30th Praga Cantat ” di Republik Ceko. Belum cukup dengan tiga medali emas pada kompetisi sebelumnya, PSM Undip kembali bertanding dalam kategori folklore dan mixed choir pada 28 Oktober 2016, hingga akhirnya lolos ke babak Grand Prix pada 29 Oktober 2016. Sebagai satu-satunya kontingen dari Indonesia dalam kompetisi ini , PSM Undip berhasil mendapat predikat Gold Band Folklore Category ( Winner of Category) , dan Gold Band Mixed Choir (2nd place).

Selain pencapaian dari tiap kategori, PSM Undip juga meraih Special award for the choreography dan Special Prize For Outstanding Conductoryang dinobatkan kepada Jefry F Bode. Pada akhirnya, PSM Undip meraih gelar “Grand Prix Winner” (Juara Umum) pada 30th Praga Cantat. “Kemenangan ini merupakan berkat yang luar biasa, dan hasil dari usaha semua anggota kontingen PSM Undip” ucap Jefry F Bode, conductor dan pelatih PSM Undip.

Selamat, PSM Undip!

Sumber : PSM Undip
Sumber Gambar :Psm Undip

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini