Batu Solor Jadi Bukti Indonesia Juga Punya Stonehenge

Batu Solor Jadi Bukti Indonesia Juga Punya Stonehenge
info gambar utama

Tak perlu jauh – jauh pergi ke Inggris untuk melihat Stonehenge, situs megalitikum yang terkenal luas akan keindahannya yang luar biasa. Di Indonesia, anda bisa menemukan yang serupa dengan Stonehenge hanya denga mengunjungi kota Bondowoso, Jawa Timur. Stonehenge milik Indonesia ini berada di kawasan perbukitan Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Batu Solor.

Tidak seperti replika Stonehenge buatan manusia misalnya Carhenge dan Foamhenge yang dibuat oleh Amerika, Batu Solor merupakan tumpukan batu besar yang menjulang tinggi layaknya Stonehenge yang ada di Salisbury Palin, Wilshire, Inggris. Selain terkenal dengan nama Batu Solor, situs ini juga dikenal dengan nama Batoh So’on yang artinya batu bersusun dalam Bahasa Madura.

Batu – batu yang ada di situs ini tersusun menjulang ke atas dan tersebar di berbagai tempat, serta pada bagian ujungnya ditumbuhi rumput dan semak – semak. Hal inilah yang membedakannya dengan Stonehenge. Selain itu, tidak hanya batu – batu bersusun yang akan ditemukan ketika mengunjungi Batu Solor, sebab banyak sekali peninggalan sejarah lainnya seperti menhir dan pahatan pada dinding – dinding batu tersebut.

Tidak ada yang tahu bagaimana batu – batu besar tersebut tersusun secara presisi dan membentuk pola yang menakjubkan. Banyak spekulasi bermunculan bahwa Batu Solor merupakan peninggalan zaman megalitikum, namun belum ada bukti resmi yang menyatakan akan hal tersebut. Tidak ada sejarah yang menjelaskan secara mendetail tentang situs ini, namun berdasarkan cerita masyarakat setempat, batu ini merupakan tempat Raja Blambangan yang pertama.

Mengunjungi situs batu eksotis ini, dari arah Bondowoso anda memerlukan waktu selama 2,5 jam untuk mencapai Batu Solor. Pemerintah Bondowoso pun sudah mulai menggarap akses yang bisa mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, sebab Batu Solor memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah tempat wisata yang akan banyak diminati orang. Eksotismenya sebagai situs batu susun yang mirip dengan Stonehenge akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Indonesia, mengapa perlu untuk pergi melihat Stonehenge ke Inggris jika negeri ini punya Batu Solor yang tak kalah eksotis?


Sumber :travel.kompas.com, travellingyuk.com, infobondowoso.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini