Inilah Potensi Transaksi E-Commerce di Indonesia, Mampukah Kita Memanfaatkkanya?

Inilah Potensi Transaksi E-Commerce di Indonesia, Mampukah Kita Memanfaatkkanya?

Keterangan Gambar Utama © Pemilik Gambar

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet sebanyak 132,7 juta memiliki potensi yang sangat besar dibidang ekonomi digital. Dari sisi perdagangan elektronik atau e-commerce saja menurut penelitian telah mencapai angka potensi sebesar 24,6 milyar dolar Amerika. Angka tersebut diungkapkan oleh lembaga peneliti ekonomi, Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia.

Sebagaimana diberitakan CNN Indonesia, pasar digital Indonesia besar potensinya. Bahkan menjadi yang terbesar di kawasan ASEAN. Pada tahun lalu, transaksi perdagangan elektronik di Indonesia telah mencapai 12 milyar dolar Amerika dan angka tersebut naik 150 persen dibandingkan tahun 2013.

Direktur Eksekutif Core Indonesia, Hendri Saparini mengungkapkan bahwa menurutnya Indonesia menjadi sasaran pemain-pemain global berkat potensi pasar yang besar tersebut. Dirinya beralasan bahwa hal tersebut adalah dampak dari penetrasi penggunaan telepon seluler yang angkanya melebihi populasi dan penggunaan internet telah menyentuh angka 100 juta pengguna.

"Dengan 282 juta pelanggan telepon seluler, termasuk jumlah pengguna internet yang diperkirakan menyentuh angka 100 juta di tahun ini, merupakan pasar yang besar," imbuh dia.

Namun menurut Doktor lulusan Universitas Tsukuba Jepang tersebut, konektivitas dan tingkat penetrasi internet di Indonesia masih tertinggal apabila dibandingkan banyak negara ASEAN lainnya. Sehingga bidang ini menjadi peluang yang masih cukup terbuka untuk meningkatkan daya saing.

"Sektor ekonomi-digital menyimpan peluang besar bagi Indonesia di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Peluang dimaksud berada di dua area, yaitu Indonesia sebagai pasar online dan ASEAN sebagai pasar bagi pemain-pemain digital Indonesia," tutup Hendri.

Tantangan sesungguhanya berada di bagaimana caranya agar pemain-pemain bisnis digital Indonesia mampu memanfaatkan pasar ASEAN yang besar. Sebab mereka dituntut untuk tidak hanya bisa menguasai kandang di negeri sendiri tetapi juga mampu untuk melakukan ekspansi ke negara-negara tetangga Indonesia.

Berbagai inisiatif pun muncul untuk menjawab tantangan tersebut seperti program Indigo Incubator yang dijalankan oleh PT Telkom, maupun Gerakan 1000 Startup Digital. Keduanya merupakan wadah bagi pengembangan-pengembangan potensi sumber daya digital Indonesia agar mampu bersaing dan hidup di tengah-tengah persaingan ekonomi digital.

Sumber : CNN Indonesia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga17%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli17%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Mengenal Falsafah Hidup dari Tradisi Minum Teh Ala Keraton Yogyakarta Sebelummnya

Mengenal Falsafah Hidup dari Tradisi Minum Teh Ala Keraton Yogyakarta

Sejarah Hari Ini (16 Juli 1896) - Maos-Purwokerto, Jalur Pertama Trem Lembah Serayu Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (16 Juli 1896) - Maos-Purwokerto, Jalur Pertama Trem Lembah Serayu

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.