Lagi, Ada Nama-nama Indonesia dalam Film Terbaru Disney "Moana"

Lagi, Ada Nama-nama Indonesia dalam Film Terbaru Disney "Moana"
info gambar utama

Kreativitas anak-anak bangsa Indonesia semakin hari semakin sulit untuk diragukan. Bagaimana tidak? Mereka yang sudah melebarkan sayap sampai ke panggung internasional sudah tak dapat lagi dihitung dengan jari.

Sebut saja mereka yang telah berkecimpung di dunia perfilman internasional seperti Andre Surya yang terlibat dalam pembuatan animasi di film Transformers, Iron Man, Star Trek, dan Terminator; Ronny Gany yang juga teribat dalam film Warcraft, Ant Man, dan The Avengers; Marsha Chikita Fawzi yang sukses menduniakan film kartun Upin-Ipin.

Dan sebentar lagi Disney akan meluncurkan film animasi terbaru yang sudah sangat ditunggu-tunggu semua orang: Moana. Film animasi terbaru ini didapuk akan meraih sukses besar terutama di akhir tahun nanti. Nah, ternyata di balik layar Moana juga ada nama Indonesia.

Adalah Griselda Sastrawinata yang dipercaya Disney untuk turut terlibat dalam pembuatan film Moana sebagai visual development artist. "Film itu dikerjakan dalam lima tahun oleh 800 orang dari 25 negara, saya di sana berperan untuk proses pembuatan background, dan Tapa illustration," ungkap Griselda seperti ditulis CNN Indonesia.

Griselda sudah menekuni dunia seni dan animasi sejak masih SMA dan melanjutkan pendidikan di Art Center College of Design di Pasadena, AS
info gambar

Griselda menjelaskan, Tapa adalah kain yang terbuat dari kulit pohon murbei yang direndam air dan dikeringkan kemudian disambung satu sama lain. Kain tersebut lantas dihias dengan pewarna alami dengan pola geometris khas Polinesia.

Moana bukanlah film pertama yang turut melibatkan Griselda dalam pembuatannya. Sebelumnya, Griselda bekerja sebagai seniman di Dreamworks dan pernah terlibat dalam film animasi Shrek, Kungfu Panda 2, Puss In Boots, dan Monster Aliens Inc. Sementara itu, Moana sendiri menjadi debut Griselda untuk masuk dalam tim Disney yang sudah menjadi impiannya sejak kecil.

"Setelah Moana, saya mengerjakan Frozen Holiday Special yang akan dirilis tahun depan saat perayaan Thanksgiving, dan sedang dalam proses pengerjaan Wreck it Ralph 2 juga," ujarnya memberi bocoran akan keterlibatan dalam proyek film Disney berikutnya.

Tak hanya Griselda, seperti pada film animasi sebelumnya, Disney selalu menggandeng penyanyi-penyanyi dari berbagai Negara untuk menyanyikan soundtrack utama dari film yang dirilis. Nah, untuk film Moana ini dari Indonesia Disney memberikan kepercayaan kepada penyanyi muda Indonesia Maudy Ayunda untuk menyanyikan lagu tema film Moana yang berjudul How Far I’ll Go yang dinyanyikan oleh Alessia Cara yang lantas diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Seberapa Jauh Ku Melangkah.

Maudy diberi kepercayaan oleh Disney Indonesia untuk menyanyikan lagu soundtrack Moana
Maudy diberi kepercayaan oleh Disney Indonesia untuk menyanyikan lagu soundtrack Moana "How Far I'll Go" versi bahasa Indonesia

Terlibat dalam penggarapan lagu tersebut memberikan kesan yang sangat membahagiakan bagi Maudy.

"Siapa yang tidak tumbuh dengan menonton Disney, tentu saya familiar. Sejak sekolah saya sudah pentaskan teater musikal seperti Aladdin. Dan ketika dapat tawaran ini ya sempat tidak percaya juga," kata Maudy.

Bagi Maudy, hal ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pasalnya, di lagu ini dirinya harus benar-benar membawakan emosi saat menyampaikan lagunya dan sebisa mungkin harus seperti aslinya dalam Bahasa Inggris. Sebelum memasuki ruang rekaman, terlebih dahulu Maudy diberi pengarahan oleh vocal director yang ditunjuk oleh Disney.

“Selama lima jam sudah termasuk briefing, sebisa mungkin harus seperti yang aslinya. Lebih ke deg-degan kalau ada kendala, dan ini jadi pengalaman yang tak terlupakan," ujarnya.

Film dengan latar tempat di Hawaii ini mengisahkan tentang seorang gadis cantik bernama Moana yang tinggal di sebuah pulau. Ia sangat ingin berpetualang mengarungi lautan, namun keinginannya itu terhalang oleh lingkungan dan restu orang tuanya.

Ditemani ayam jantan Heihei, Moana bertekad menemui manusia setengah dewa angin dan laut Maui (Dwayne Johnson) yang mencuri "jantung" dewi kepulauan Te Fiti yang menyebabkan kerusakan alam secara perlahan, termasuk pada pulau yang dihuni Moana. Film ini secara resmi akan diputar di bioskop mulai 25 November 2016.

Berikut adalah lagu tema film Moana yang dinyanyikan Maudy Ayunda


Sumber : cnnindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini