Doa bersama Peluncuran App Resmi Radio PPI Dunia

Doa bersama Peluncuran App Resmi Radio PPI Dunia
info gambar utama

Dukungan dari sobat PPI dan mimpi untuk bisa sejajar dengan media informasi lain yang sudah lebih dulu berdiri, menjadi semangat segenap kru Radio PPI Dunia untuk pembuatan app smarpthone Radio PPI Dunia. Smartphone yang sudah menjadi barang lazim dimiliki tiap orang menuntut Radio PPI Dunia untuk mengikuti perkembangan zaman. Jika sebelumnya untuk mendengarkan siaran Radio PPI Dunia di smartphone memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti TuneIn, dengan adanya app ini sobat PPI bisa mendengarkan siaran dan mengetahui berbagai update terbaru cukup di satu app saja.

Sejak awal tahun 2016, Direktur Nouval membentuk tim khusus pengembangan app yang beranggotakan SK Irham dari Jerman dan SK Adam dari Tiongkok. Awalnya, mereka memfokuskan pembuatan app untuk platform Android lebih dulu karena dianggap lebih mudah pengerjaannya. Ketika versi android sudah hampir selesai, SK Ghazi bergabung untuk lebih menyempurnakannya. Pada tanggal 21 Agustus 2016, app Radio PPI Dunia diterima masuk di Play Store. Setelah itu tim mulai memfokuskan pengembangan untuk versi iOS yang memiliki kerumitan dan proses verifikasi yang lebih sulit dan akhirnya pada tanggal 21 November Radio PPI Dunia bisa diunduh di App Store. Perasaan lega dan bahagia dirasakan segenap kru setelah mengalami proses yang panjang ini.

App Radio PPI Dunia di kedua platform terbilang memiliki fitur yang sama. Di tab home, sobat PPI bisa menemukan nama program dan nama penyiar yang sedang bersiaran, tombol play/pause, volume, dan shortcut ke media sosial Radio PPI Dunia. Lalu ada tab chatbox dimana sobat PPI bisa berinteraksi dengan penyiar dan sobat PPI dari seluruh dunia. Kemudian ada tab jadwal untuk melihat jadwal siaran dan tab podcast untuk mendengarkan rekaman siaran. App Radio PPI Dunia juga dilengkapi push notification untuk menginformasikan secara langsung apabila siaran akan dimulai.

Acara peluncuran app Radio PPI Dunia dirayakan dengan sederhana. Seluruh kru dan sobat siar Radio PPI Dunia mengadakan siaran tandem sambil berdoa bersama yang dipimpin SK Uli lalu masing-masing sobat siar mengucapkan harapan-harapannya untuk app ini. Acara dilanjutkan dengan sharing suka duka proses pembuatan app ini oleh SK Adam.

SK Adam yang sedang belajar Software Engineering di Wuxi, Tiongkok mengaku tak mengalami kendala besar selama proses pembuatannya. Dia hanya merasa harus bisa lebih membagi waktunya untuk kesibukan studinya. SK Adam berterima kasih atas semua dukungan dari teman-teman sobat siar Radio PPI Dunia.

"Momen berkesan adalah ketika program Inspirasi Tanpa Batas bersama Retno Hening dan Kirana. Waktu itu saya agak panik karena pendengarnya membludak sehingga app berjalan kurang stabil karena overcapacity."

Acara ditutup dengan doa bersama untuk ayahanda SK Ghazi yang wafat di hari yang sama. Tetap semangat, Bro! Buat ayahmu tersenyum dari sana.

Sumber: radioppidunia.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini