Sulawesi Tengah tidak hanya menyimpan keunikan situs megalitikum Lembah Bada sebagai senjata pariwisatanya. Sebuah objek wisata yang unik, menarik, bahkan disinyalir sebagai satu – satunya di dunia juga tersimpan di tempat tersebut. Namanya pun unik, Pusat Laut Donggala, atau dalam bahasa setempat disebut Pusentasi. Pusen berarti pusat sementara tasi berarti laut. Masuk dalam kategori wisata pantai, objek ini ternyata berbentuk sumur raksasa.

Terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Bawana Tengah Kabupaten Donggala, Pusat Laut ini merupakan  sebuah sumur raksasa yang terbentuk secara alami. Pusat Laut Donggala masih berada di kawasan Pantai Donggala dengan jarak sekitar 500 meter dari bibir pantai. Sumur raksasa alami ini ditemukan pada tahun 1980-an, dimana air sumur ini dipercaya mengalir dari pusaran laut dan akhirnya membentuk titik temu di sumur ini. Titik temu yang ada merupakan sebuah terowongan yang menghubungkan antara air laut dan sumur,  menjadi pertemuan dua arus tersebut. 

(sumber : http://blogmasgie.blogspot.co.id/)
(sumber : http://blogmasgie.blogspot.co.id/)

Sumur raksasa ini memiliki ukiran bebatuan di sekelilingnya, dengan diameter 10 meter serta kedalaman 7 meter. Terletak di dekat pantai, air yang mengisi sumur ini berwarna jernih kebiru – biruan dan terasa asin. Konon katanya, ada sebuah lubang yang menjadi penghubung antara pusat laut ini dengan Pantai Donggala.

Tidak hanya itu, air di Pusat Laut Donggala tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang berenang atau pun menyelam. Setiap kali terjadi pasang surut di laut, Pusat Laut Donggala juga akan mengalami hal yang sama. Inilah yang menyebabkan objek wisata Pusat Laut Donggala menjadi unik dan berbeda dengan objek wisata lainnya. Lepas dari itu, Pusat Laut Donggala juga dipercaya oleh sebagian orang sebagai medium penyembuh sakit. Air sumur raksasa ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, sehingga banyak pengunjung biasanya membawa pulang air dari Pusat Laut Donggala.

Keunikan dan pamor dari pusat Laut Donggala sebagai tempat wisata bisa diakses dengan mudah. Fasilitas – fasilitas penunjang juga dibangun pemerintah untuk memastikan kenyamanan dan keamanan berwisata di Pusat Laut Donggala. Keunikan destinasi ini merupakan sesuatu yang pantas untuk dikunjungi.

 

Dari berbagai sumber

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu