Lupa Sandi?

Jajanan Olahan Tape Singkong Khas Jember yang Siap Memanjakan Lidah

Irfantoni Listiyawan
Irfantoni Listiyawan
0 Komentar
Jajanan Olahan Tape Singkong Khas Jember yang Siap Memanjakan Lidah

Begitu menyebut kota Jember, sebagian besar masyarakat tertuju pada gelaran Jember Fashion Carnival (JFC). Hal ini sangatlah wajar, karena JFC sendiri adalah salah satu yang paling ikonik dari kota Jember. Gelaran JFC dihelat setiap tahun, tepatnya pada bulan Agustus yang bersamaan dengan bulan kemerdekaan dan agenda Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ). Namun, tak lengkap rasanya jika mengunjungi kota ini tanpa membeli oleh-oleh khasnya, termasuk makanannya.

Sebagai kota yang dianugerahi kesuburan alam, Jember memiliki produktivitas singkong yang cukup besar. Tak heran jika kemudian kota yang berjarak 200 kilometer dari Surabaya ini dijuluki sebagai kota singkong. Keberadaan singkong yang melimpah ruah pada akhirnya dijadikan sebagai makanan tape singkong yang manis dan legit. Tak berhenti sampai disitu, tape-tape singkong ini kemudian diolah lagi menjadi makanan olahan yang memiliki cita rasa yang tak kalah nikmatnya. Berikut adalah makanan olahan dari tape khas Jember yang menggugah selera.

Suwar-Suwir

Makanan yang satu ini mirip dengan dodol, tapi teksturnya lembut dan agak sedikit keras. Bentuknya persegi panjang kecil dengan tampilan warna-warni yang menarik. Rasanya pun beragam, mulai dari stroberi sampai yang original. Suwar-suwir tergolong sebagai salah satu permen tradisional khas Jember.

Prol Tape

Sepintas makanan ini mirip dengan kue cake pada umumnya. Bahannya terbuat dari tepung terigu, tape singkong, telur, susu dan mentega. Aroma tapenya terasa sekali yakni paduan antara manis, kecut (asam), dan gurih. Varian rasanya juga bermacam-macam, mulai dari cokelat, keju, cokelat keju, kismis, dan original. Ketika sudah sampai di mulut, kue ini terasa lumer dan legit.

Pia Tape

Jika Jogjakarta terkenal akan Bakpia Pathok, Jember lain lagi. Disini Anda akan merasakan kelezatan pia tape yang lembut. Walaupun terbuat dari tepung terigu, rasa khas tape singkongnya sangat kuat terasa. Yang membuat rasanya semakin unik lagi, untuk rasa keju agak sedikit asin karena campuran kejunya. Dan sedikit lebih manis dan legit untuk yang rasa cokelat.

Brownies Tape

Selanjutnya ada brownies tape. Tidak beda jauh dengan brownies-brownies biasanya. Namun, keunikannya terletak pada rasa manis khs tapenya. Tersedia juga brownies tape dengan rasa cokelat dan juga keju. Soal harga pun juga cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Dodol Tape

Dimana-mana hampir di berbagai kota di Indonesia dodol selalu ada, begitu juga di Jember. Disini juga ada dodol yang manis nan legit . Bedanya dengan dodol lain adalah bahan bakunya yang didominasi oleh tape singkong. Rasakan sensasi rasa tape manis dari dodol ini di setiap gigitannya.

Tape Bakar

Tape bakar sebenarnya adalah makanan khas dari kota Bondowoso, kota tetangga di sebelah utara Jember. Karena secara geografis kedua kota ini berdekatan, tape bakar ini juga banyak dijumpai di Jember. Makanan ini sangat unik, tape singkong dibuang bagian tengahnya kemudian diisi dengan campuran gula merah, selai buah, atau cokelat. Lalu dibalut dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu dibakar menggunakan arang, setelah matang rasanya sangat nikmat, apalagi kalau dimakan saat masih hangat.

Nah, itu tadi beberapa makanan olahan tape singkong khas Jember. Bagi Anda yang hendak berkunjung ke kota ini jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner nikmat ini. Bisa juga untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Mendapatkannya pun tidak susah, karena banyak dijual di toko pusat oleh-oleh Jember. Seperti di sekitaran Jalan Trunojoyo dan Jalan Gajah Mada Jember. Dan waktu yang tepat untuk ke Jember adalah bulan Agustus. Karena selain dapat menyaksikan JFC, Anda juga dapat menyaksikan gelaran BBJ, seni dan budaya Pandhalungan khas Jember. Serta menikmati keindahan wisata alamnya seperti Pantai Tanjung Papuma, Bukit Payangan, Bukit J-88, Teluk Love dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selamat menjelajah dan menikmati jajanan khas Jember.

Suwar Suwir Jember (Sumber Gambar : http://heloheloindonesia.esy.es/img/datagambar/4.1-suwar-suwir.jpg)
Suwar Suwir Jember (Sumber Gambar : http://heloheloindonesia.esy.es/img/datagambar/4.1-suwar-suwir.jpg)
Tape Bakar (Sumber Gambar : https://naafik.files.wordpress.com/2010/10/tape-bakar1_040320101303551.jpg)
Tape Bakar (Sumber Gambar : https://naafik.files.wordpress.com/2010/10/tape-bakar1_040320101303551.jpg)
Jajanan Khas Jember di Toko Oleh-Oleh (Sumber Gambar : http://4.bp.blogspot.com/-VbYcQvS5aCk/Vjr8Uc-r-iI/AAAAAAAAIGg/mSco89pV90E/s1600/Suwar%2BSuwir%2BKhas%2BJember.jpg)
Jajanan Khas Jember di Toko Oleh-Oleh (Sumber Gambar : http://4.bp.blogspot.com/-VbYcQvS5aCk/Vjr8Uc-r-iI/AAAAAAAAIGg/mSco89pV90E/s1600/Suwar%2BSuwir%2BKhas%2BJember.jpg)


Sumber : Detik.com, Kompas.com, Cintajember.com (Data Diolah).

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau67%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IRFANTONI LISTIYAWAN

Content Writer, Pegiat Sepeda Tua Komunitas Sepeda Lawas (KOMPAS) Jember - Jawa Timur, Penikmat Kajian Budaya & Sejarah ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie