Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Kampung Lawas Di Kota Metropolitan

Ramadhani Syah Fitri
Ramadhani Syah Fitri
0 Komentar
Kampung Lawas Di Kota Metropolitan
Keterangan Gambar Utama © Pemilik Gambar

Kota Metropolitan selalu diidentikan dengan banyaknya bangunan-bangunan tinggi, pesatnya kemajuan teknologi dan tersebarnya pusat-pusat perbelanjaan disetiap sudut kota. Begitupun di Surabaya. Kota terbesar kedua di Indonesia ini, juga memiliki banyak gedung-gedung tinggi, puluhan mall yang sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas yang modern.

Diantara hiruk pikuk riuhnya kota dengan kemodernannya, Saya secara tidak sengaja menemukan satu tempat yang sudah modern, namun tetap menjujung nilai-nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat yaitu Kampung Lawas Maspati.

Kampung Lawas Maspati ini adalah salah satu kampung wisata di Surabaya yang saat ini telah memiliki banyak prestasi. Selain banyaknya prestasi yang didapatkan, yang membuat Saya kagum dengan Kampung ini adalah  kita masih bisa menjumpai permainan tradisional yang masih dilestarikan. Sementara diluar sana sudah tergerus dengan permainan modern yang lebih banyak menggunakan gadget.

Berlokasi di Jalan Maspati Gg 5 & 6 Surabaya, sebelah barat daya Monumen Tugu Pahlawan, membuat Kampung ini mudah dikunjungi hanya dengan berjalan kaki, Anda yang datang berkunjung ke Tugu Pahlawan bisa juga untuk mampir mengunjungi Kampung Lawas Maspati ini karena jaraknya lumayan dekat. Dan Kampung Lawas ini diresmikan langsung oleh walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini.

Baca Juga

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Ketika memasuki gapura Kampung ini terkesan biasa saja meski ada sedikit pembeda di penunjuk jalan didepan Kampung Lawas ini. Namun setelah memasuki Kampung Lawas ini, Saya melihat beberapa hal yang menarik yang terdapat disini, pertama, terdapat stand photoboth yang bisa Anda gunakan sebagai background foto, kios yang menjual souvenir atau cinderamata buatan warga Kampung Lawas, dan beberapa stand jualan berbentuk gubuk yang menjual makanan tradisional,salah satunya wedang Ronde.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Seorang warga yang menjadi guide bernama panggilan “Cak Oon”,mengatakan bahwa Kampung Lawas mulai dibentuk sejak tahun 2014. Dan sudah pernah didatangi oleh wisatawan dari berbagai negara yang sedang berkunjung di Surabaya. Dan berbagai sekolah maupun universitas juga pernah datang untuk meneliti atau sekedar berkunjung untuk mempelajari tentang keunikan kampungnya.

Disini selain kita masih bisa merasakan nilai-nilai kearifan lokal yang masih kental, rumah-rumah lawas yang masih dijaga, juga terdapat satu kegiatan yang unik dari Kampung Lawas ini yaitu diadakannya program “O Darling” (Obrolan saDar Lingkungan) yang diadakan seminggu sekali. Yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antar warganya.

 “Kehadiran Kampung Lawas Maspati ini semoga bisa menjadi embrio kampung-kampung wisata lainnya, karena Pemerintah Kota Surabaya saat ini juga sangat mendukung potensi wisata heritage di Surabaya ini”  tutur Cak Oon.

Bagi Anda yang ingin tau tentang Kampung Lawas bisa langsung datang kesana, ada harga paket wisata Kampung Lawas yang menarik untuk Anda yang datang berombongan. Atau untuk Anda yang sekedar ingin tahu, datang saja kesana dan nanti akan ada seorang guide yang ramah akan memandu Anda. Mari lestarikan nilai-nilai budaya asli Indonesia, dimulai dari hal yang paling sederhana,dari lingkungan sekitar kita. :)


Sumber :

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG RAMADHANI SYAH FITRI

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Bhayangkara Surabaya. Ingin tahu banyak hal, ingin belajar banyak hal dan menyukai banyak hal. Memiliki passion dalam bidang musik. Mempunyai hobi me ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie