Gencar di Ranah Digital Demi Wisata Indonesia Makin Mengglobal

Gencar di Ranah Digital Demi Wisata Indonesia Makin Mengglobal
info gambar utama

Dunia pariwisata indonesia mulai gencar melakukan promosi lewat ranah digital. Berbagai platform digital baik itu website, aplikasi, blog, hingga startup buatan anak bangsa mulai bertebaran demi mempromosikan ragam rupa wisata negeri ini. Masyarakat dewasa ini sudah mulai akrab dengan teknologi dan segala perangkat digital yang mendukungnya. Karena itu, penggunaan media sosial dan aplikasi digital untuk melakukan promosi pariwisata merupakan salah satu langkah yang sangat strategis.

Kita bisa melihat bahwa industri pariwisata yang memang sangat strategis dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara memang perlu untuk mendapat perhatian khusus. Sektor ini memiliki peran yang penting untuk menunjang perekonomian bangsa, maka itu tidaklah mengherankan bahwa peningkatan promosi wisata menjadi salah pekerjaan besar akhir – akhir ini. Wonderful Indonesia yang menjadi tagline promosi wisata berkali – kali dipromosikan di berbagai negara lewat beragam festival, parade, iklan, dan sebagainya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakornas Pariwisata ke-3 bertajuk ''Go Digital Be The Best'' di Ecopark Ancol, Jakarta, beberapa waktu lalu (sumber : releaseinsider.com)
info gambar

Tren masa kini adalah penyebaran informasi mengenai tempat wisata melalui dunia digital, dimana orang – orang yang mengeksplor sebuah tempat wisata sering membagikannya melalui sosial media dan blog pribadi. Hal inilah yang akhirnya menjadi salah satu dasar mengapa promosi wisata secara digital perlu untuk dilakukan.

Baru – baru ini, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pariwisata merilis sebuah plafotrm digital bernama XplorIndonesia, sebuah aplikasi digital berbasis android dan IOS yang berisi tentang informasi destinasi dan akses wisata di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendukung gebrakan pemerintah, sebab mulai banyak pihak yang sadar bahwa Indonesia dengan segala potensi wisatanya yang ada memang membutuhkan cara yang lebih “terkini” dalam melakukan promosi untuk memperkuat pariwisata.

Tidak hanya itu, sebuah platform travel blogger bernama KitaINA.id juga kini hadir meramaikan jagat maya dengan tujuannya untuk mempromosikan pariwisata indonesia dengan cara yang cukup kreatif. Didukung penuh oleh Telkom Indonesia dan Indigo Creative Nation (ICN), KitaINA memfasilitasi para creator konten travelling untuk mengambil bagian penting dalam promosi pariwisata indonesia di mata lokal maupun internasional. Caranya cukup sederhana, para traveler diberikan satu platform khusus di laman kitaINA.id yang bisa dimanfaatkan untuk mempublikasikan cerita perjalanan mereka. Baik dalam bentuk narasi, gambar, maupun video perjalanan.

Tampilan laman kitaINA.id
info gambar

“Berkat mereka, banyak destinasi wisata yang berkembang ketika ceritanya diangkat traveler blogger ini. imbasnya, perekonomian masyarakat lokal tumbuh berkat kedatangan para turis yang terinspirasi cerita yang dibagikan,” ujar Febtriany, CEO KitaINA.id seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com.

Kedepannya, KitaINA sedang mempersiapkan tiga superpower yang diharapkan bisa menjadi bantuan untuk TravelHero (sebutan untuk para travel blogger di KitaINA.ID), yaitu pusat ilmu untuk meningkatkan keahliah pembuatan konten travelling, media untuk memperluas koneksi dan interaksi antar sesama pelaku travelling serta memberikan peluang bagi mereka yang ingin menghasilkan bisnis dari travelling. Hal ini tentunya merupakan bagian dari misis mereka untuk membangun pariwisata indonesia ke arah yang lebih baik lagi melalui promosi yang berkualitas dengan cara yang kreatif dan tepat sasaran.


Sumber : cnnindonesia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini