Banyak sekolah sekolah yang mempersiapkan diri dengan Ujian Nasional yang berbasis paper test ke Ujian berbasis komputer, data yang kami peroleh  tanggal 28 nopember 2016 dari situs unbk.kemdikbud.go.id ada sekitar 3188 sekolah yang mengadakan ujian nasional berbasis komputer. Secara system mereka sudah siap menjalankan unbk itu diliat dari simulasi pertama tanggal 23 nopember 2016. Dari data tersebut kita mengetahui antusias sekolah-sekolah dalam pelaksanan ujian nasional khusunya ujian nasional berbasis komputer. Sekolah-sekolah mulai menginvestasikan perangkat guna menciptakan terobosan terobosan pendidikan dengan menggelar ujian nasional berbasis CBT.

Bagaimana investasi mereka dengan perangkat UNBK jika Ujian Nasional di moratorium?, Toh kita juga tau dana yang digelontorkan oleh pihak sekolah juga tidak murah hanya untuk menyemarakkan Ujian Nasional berbasis komputer, kalo ini benar benar terjadi mangkranglah perangkat yang dibeli oleh sekolah-sekolah. jika seandainya unbk tetap digelar, untuk apa peruntukan perangkat itu setalah unbk dilaksanakan apalagi dimoratorium. Seharusnya sekolah-sekolah sudah memikirkan langkah kedepan membangun sekolah berbasis digital sesuai dengan perkembangan era teknologi.

Permasalah ini sudah jauh hari dipikirkan oleh MTsN Tarik, bagaimana solusinya jika Ujian Nasional ini dihapus atau di moratorium. Tim IT MTsN Tarik mencari konsep membangun system pembelajaran digital yang penggunaannya tidak hanya sebatas Ujian Nasional tetapi bisa digunakan sebagai media pembelajaran sehari-hari bahkan untuk ujian Harian, Mid Semester, atau Ujian akhir Semester. System pembelajaran digital berbasis webprogam sehingga siswa-siswi dapat mengakses pembelajaran mereka melalui perangkat yang dimilikinya baik melalui hp atau  pc. Untuk mendukung system agar dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan perangkat yang handal baik servernya, akses pointnya, jaringannya, ataupun sumber dayanya.

                Dengan ada atau tidaknya Ujian Nasional, MTsN Tarik tidak kecewa menginvestasikan dana membangun system yang siap dipakai Ujian Nasional Berbasis Komputer, toh systemnya masih bisa dipakai untuk Ujian-Ujian sekolah yang lain. semoga MTsN Tarik mengilhami.(dhani)


Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu