Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Kopi Indonesia Makin Digilai Pasar Dunia

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
 Kopi Indonesia Makin Digilai Pasar Dunia
Keterangan Gambar Utama ©thedailystar.net

Banyaknya variasi kopi dari Sabang hingga Merauke membuat pegiat kopi Indonesia tak henti – hentinya melakukan promosi. Selain kualitasnya yang sangat baik, pasar kopi dunia pun sangat menggemari kopi – kopi tanah air. Hal ini terbukti dari data Kementerian Perdagangan RI yang menyebutkan bahwa realisasi ekspor kopi hingga September 2016 mencapai 650,2 juta dollar Amerika atau setara dengan 8,7 triliun rupiah. Tingginya nilai ekspor tersebut akhirnya menempatkan indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-empat di seluruh dunia.

Di Indonesia kopi bukanlah hanya sekedar minuman biasa, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat yang sudah mengakar sejak zaman dahulu kala. Merri Mariyati, Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdgangan mengatakan bahwa Indonesia memiliki 16 indikasi geografis dari ujung barat hingga timur dengan masing – masing daerah memiliki ciri khas kopi tersendiri. “itu membuat kopi Indonesia menjadi unik,” katanya seperti dilansir dari laman cnnindonesia.com

Salah satu cara untuk mempromosikan kopi indonesia ke mata dunia dilakukan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dengan menggelar pameran kopi internasional bertajuk SCAI Expo 2016 di Sanur, Bali, Jumat 2 Desember 2016 lalu. A. Syafrudin, ketua SCAI menyatakan bahwa banyaknya variasi kopi di Indonesia membuat kita harus terus mengenalkan kopi – kopi tersebut ehingga bisa dikenal dunia dan nilai ekspornya makin meningkat.  Dengan adanya acara ini, diharapkan bahwa pasar dunia makin mengenal keberagaman dan kekayaan varietas kopi di Indonesia.

“Gaya hidup ini sudah merata dan menjadikan kami mengemban tugas untuk mengawal keberadaan dan kualitas kopi mulai dari lokal, nasional, hingga internasional,” jelas Syafrudin. Selain acara pameran internasional tersebut, SCAI juga menggelar berbagai acara edukasi kopi dengan tujuan untuk meningkatkan industri perkopian yang dikerjakan secara berkelanjutan. Acara – acara ini didukung penuh oleh pemerintah, dengan melihat perkembangan ekspor kopi indonesia yang juga ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa.

Baca Juga

Pada tahun 2015 silam, ekspor produksi kopi indonesia mencapai 1,19 miliar dollar Amerika, melesat jauh lebih tinggi dari nilai ekspor pada tahun sebelumnya. Selama kurun waktu 2011 – 2015 ekonomi ekspor kopi tumbuh positif yang mencapai 1,05 persen per tahun. Peningkatan yang cukup signifikan ini menjadi pertanda baik bahwa dengan kualitas dan minat pasar yang cukup bagus,Indonesia mampu bersaing di pasar kopi dunia secara unggul.  


Sumber :cnnindonesia.com

Pilih BanggaBangga55%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang18%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau27%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie