Pramuka Indonesia Hebat! Juara Umum di Jambore Malaysia

Pramuka Indonesia Hebat! Juara Umum di Jambore Malaysia
info gambar utama

Gerakan Pramuka Indonesia berhasil membawa prestasi membanggakan dalam ajang 13th Malaysia Scouts Jamboree yang berlangsung sejak 25 November hingga 1 Desember yang lalu. Dalam ajang tingkat dunia yang diadakan di Batu Metropolitan Park, Kuala Lumpur tersebut kontingen Indonesia berhasil membawa predikat Juara Umum setelah mendapatkan 9 juara pertama, 5 juara kedua dan 4 juara ketiga.

Sebagaimana diberitakan The Borneo Post, Jambore tersebut merupakan ajang kompetisi untuk menguji kemampuan para Pramuka dalam tantangan-tantangan urban. Mereka dituntut untuk bisa menerapkan keahlian kepramukaan dalam konteks perkotaan dalam bentuk pelayanan pada komunitas masyarakat maupun aktifitas kebudayaan. Seperti berpidato, penampilan tarian, kemampuan komunikasi, kemampuan memasak, tali-temali, baris-berbaris dan lain-lain.

Piala Juara Umum di ajang 13th Malaysia Scouts Jamboree (Foto: Pramuka Indonesia)
info gambar

Dalam ajang bertema Unity Through Scouting tersebut, 1565 kontingen Indonesia yang umumnya berusia 13-17 tahun harus bersaing dengan ribuan kepanduan lain dari berbagai negara seperti Srilangka, Brunei, Kenya, Jepang, Filipina, Singapura, Bangladesh dan Thailand. Total peserta dalam ajang ini berjumlah 8.000 dengan jumlah kontingen Malaysia yang terbesar disusul dengan kontingen dari Indonesia. Para anak bangsa itu didampingi oleh 6 orang Contingent Management Team (CMT) yang terus membina dan membimbing para Pramuka Muda serta menjadi penghubung dengan panitia acara selama di Negeri Jiran.

"Saya lihat sendiri. Lalu saya tanya seorang peserta dari Lampung, namanya Ahmad, dia jawab, setelah ikut Jambore Malaysia ini, saya makin bangga jadi anak Indonesia, bangga punya Pembina dan Guru-Guru yang ikhlas," kata Hariqo, salah satu CMT.‎

Penyerahan Piala Juara umum oleh Pimpinan Kontingen Nasional (Pinkonnas) Mardhani Zuhri, kepada Ketua Kwarnas, Adhyaksa Dault (Foto: Venny Indri / Pramuka Indonesia)
info gambar

"‎Kita berterima kasih kepada Kwarcab dan Kwarda yang mengirimkan anggota terbaik mereka," kata Mardhani Zuhri, Ketua Kontingen Gerakan Pramuka Kamis (1/12/2016).

Sementara itu, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault berujar bahwa prestasi ini merupakan bukti bahwa Indonesia unggul "Hari ini, kita melihat fakta bahwa anak-anak Indonesia tidak hanya sekedar mampu bersaing, tapi mereka mampu jadi nomor satu," katanya.‎

Menyusul prestasi ini, Pramuka Indonesia pada hari ini 6 Desember sejak pukul 08.00 memulai kampanye nasional bertajuk Pramuka Berprestasi yang dilakukan lewat media sosial Twitter. Para pramuka pengguna Twitter diajak untuk menunjukkan prestasi-prestasi membanggakan di seluruh Indonesia dengan melampirkan tagar #pramukaberprestasi. Ini merupakan bukti bahwa pramuka mampu untuk berkarya dengan gemilang untuk bangsa lewat prestasi.

— adhyaksadault.info (@adhyaksa_info) December 6, 2016

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini