Indonesia seakan tak pernah kehabisan anak-anak bangsa yang berprestasi dan mengharumkan nama negaranya. Dari bidang musik, ada nama Joey Alexander sang pianis cilik yang lagi-lagi masuk dalam nominasi Grammy Awards. Sementara dari jalur olah raga, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil meraih medali emas dalamkategori Ganda Campuran bulutangkis di olimpiade Rio De Janeiro, Brazil 2016. Ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki talenta yang mumpuni untuk berlaga di dunia.

Yang tak banyak orang tahu, ada nama Idham Khalid Adi Pratama atau yang lebih akrab disapa dengan Hamy Pratama. Pria kelahiran Sidoarjo ini namanya cukup disegani di olahraga ekstrim, parkour & freerun. Tak tanggung-tanggung, prestasinya bahkan sudah mencapai level dunia.

Apa itu parkour & freerun?

Digagas oleh David Belle, olahraga dari Prancis ini merupakan seni berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain secara effisien. Di Indonesia sendiri, olahraga parkour & freerun belum menjadi olahraga yang dikenal, apalagi menjanjikan banyak uang. Berbeda dengan taekwondo, gymnastic ataupun bulutangkis yang sudah mendapat dukungan dari pemerintah, olahraga ini justru mengalami kondisi sebaliknya.

Minimnya fasilitas dan lahan untuk berlatih juga menjadi faktor yang membuat olahraga ini sulit berkembang. Meski begitu, berdasarkan sensus yang dilakukan oleh Parkour Indonesia, terdapat lebih dari dari 987 praktisi parkour & freerun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, dari angka tersebut, hanya Hamy Pratama lah yang diakui sudah mendapatkan pengakuan dari World Freerunning & Parkour Federation (WFPF).

Segudang Prestasi Hamy

beberapa piala yang didapat (Hamy Pratama)
beberapa piala yang didapat (Hamy Pratama)

Berlatih sejak 2008, pria kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur ini mengaku parkour & freerun sudah menjadi panggilan hatinya. Karena kecintaan itulah, Hamy secara konsisten meningkatkan skillnya dengan berlatih, pergi ke beberapa daerah di Indonesia untuk melakukan jamming atau latihan bersama dengan praktisi parkour & freerun lainnya serta belajar secara otodidak melalui video tutorial dari Youtube.

Bukan perkara mudah baginya untuk meraih prestasi dan pengakuan yang kini telah didapatnya. Dalam prosesnya, beragam tantangan dan halangan musti dihadapinya, mulai dari minimnya lahan untuk dijadikan sarana latihan hingga mengalami dislokasi persendian siku. meski begitu, semangatnya untuk menempa diri diolahraga ekstrim ini tak pernah surut.

Terbukti, selain tercatat di WFPF, pemuda berusia 21 tahun ini juga telah menorehkan prestasi di level nasional dan internasional. Salah satu yang membanggakan adalah Hamy menjadi juara 1 di ajang Jakarta Levi’s Parkcool Challenge 2015 serta menyabet predikat best trick di gelaran Lion City Gathering, Singapura pada Januari 2016 lalu, mengalahkan 500 atlet parkour & freerun dari Asia, Amerika, Eropa dan Australia.

Untuk kategori best trick, Hamy harus berhadapan dengan 19 atlit negara- negara seperti Australia, Vietnam, Singapura, China dan Belanda. Penilaian best trick ini dilihat berdasarkan kesempurnaan teknik, kreativitas dan flow yang diniliai oleh 3 juri internasional yakni, Koh Che Pin dari Singapura, Bart Van De Linden dari Belanda dan Ish dari Autralia

Bukan hal yang mudah untuk meraih predikat Best Trick dalam perlombaan ini karena peserta harus melewati obstacle di Bishan Active Park sembari melakukan salto yang ekstrim untuk mendapatkan nilai yang tinggi dari ketiga juri internasional.

Selain meraih predikat Best Trick di Lion City Gathering 2016 Singapore, pria yang sering disebut “The Cute Baby” ini juga ikut serta dalam Red Bull Art of Motion Online Qualifier 2016 dan mendapat dukungan sebanyak 3202 dukungan melalui likes  dalam video nya.

Tahun depan, dirinya berencana untuk ikut dalam Red Bull Art of Motion di Yunani dan juga Airwipp Challenge di Swedia. Pemuda bertalenta ini berkeinginan kuat untuk mewakili Indonesia dalam kedua perlombaan bergengsi ini. Namun, menurut pengakuannya, dirinya masih memerlukan sponsor yang mau mendukungnya agar dapat berkompetisi di Yunani dan Swedia.

Lihat aksi Hamy Pratama yang luar biasa epic dalam video dibawah ini

 
 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu