Lupa Sandi?

Belajar Jadi Solo Traveler dari Perempuan Indonesia ini!

Fairuz Rana Ulfah
Fairuz Rana Ulfah
0 Komentar
Belajar Jadi Solo Traveler dari Perempuan Indonesia ini!

 Kegemaran saya pada buku dan travelling mendorong saya mencari tau tentang para traveller perempuan. Maklum, sebagai perempuan ada banyak pembatas yang harus diterobos jika memutuskan melakukan perjalanan terutama sendirian. Saya kemudian mengubek-ubek toko buku hingga menemukan buku The Naked Travel Traveler. Dari judulnya saja sudah menarik, pikir saya saat itu. Pilihan yang tepat karena sejak membaca halaman pertama saya tidak bisa melepaskan buku yang menceritakan tentang pengalaman seorang perempuan Indonesia berkeliling dunia. Lewat buku ini juga lah saya mengenal sosok Trinity.

Trinity penulis buku The Naked Traveler, Sumber: kvltzine.com
Trinity penulis buku The Naked Traveler, Sumber: kvltzine.com

Pada saat itu sosok Trinity masih misterius. Belum banyak media yang berhasil membongkar siapa traveler sekaligus penulis cerita-cerita kocak tersebut. Tapi sering bertambahnya penggemar travelling, sosok Trinity tidak bisa tidak mendapat perhatian. Cerita perjalanan seorang "mbak-mbak" kantoran ke berbagai tempat baik di Indonesia maupun dunia dipaparkan oleh Trinity dengan bahasa yang sederhana dan menghibur. Tulisannya ini sebenarnya dimulai dari blog pada tahun 2005 dan banyak mendapat respon baik dari pembaca. Setelah dua tahun aktif menulis, blog naked-traveler.com masuk sebagai salah satu finalis penghargaan Blog Terbaik di Indonesia.

Lulusan salah satu universitas negeri di Semarang ini awalnya adalah seorang part-time traveler. Ia selalu memanfaatkan waktu libur kerjanya dengan berjalan-jalan. Uniknya, Trinty lebih doyan travelling sendiri daripada bergerombol atau istilahnya wisatawan independen. Ini berarti Trinity terbiasa berwisata sendiri tanpa terikat dengan sistem tur grup. Hal ini juga berkaitan dengan hobi Trinity yang suka mengeksplor tempat-tempat yang "jarang diketahui orang" dengan keindahan alam yang asri. Tempat yang ia kunjungi juga bermacam-macam tergantung dengan budget dan waktu. Buku perdananya The Naked Traveler adalah kumpulan tulisan pendek yang menjadi inspirasi terutama bagi para anak muda Indonesia untuk melakukan perjalanan. Judul ini sebenarnya pelesetan dari kata "Nekad" Traveler untuk mencerminkan cara wisata Trinity yang nekat berkunjung ke beragai tempat di dunia.

Perjalanan Trinity ke Yordania, Sumber: instagram.com/trinitytraveler
Perjalanan Trinity ke Yordania, Sumber: instagram.com/trinitytraveler

Jika ada ungkapan jadikan hobi Anda sebagai pekerjaan, mungkin ungkapan inilah yang tepat untuk menggambarkan kehidupan Trinity saat ini. Untuk berfokus sebagai penulis, Trinity kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan menjadi full-times writer sekaligus traveller. Perempuan kelahiran Sukabumi ini sekarang sudah menulis delapan buku berwisata terlaris di Indonesia. Serial Naked Traveler juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Namun di balik profesi blogger yang telah ditempuhnya selama sepuluh tahun, ada suka duka yang dirasakan Trinity. Ia kemudian membagikan pengalaman suka dukanya ini dalam buku "Being a Travel Blogger." Dalam buku ini, ia menceritakan keuntungan ngeblog, dapat pemasukan dari mana, dan alasan mengapa ia bisa bertahan sebagai blogger yang ternyata memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca Juga

Konsistensi Trinity menuliskan pengalamannya kini mendapat tanggapan luar biasa dari masayarakat Indonesia. Dengan ribuan followers, Trinity termasuk dalam salah satu orang paling berpengaruh di sosial media. Oleh Majalah Swa, ia dinobatkan sebagai salah satu dari 12 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh pada tahun 2010.

Kecintaan menulis Trinity sebenarnya telah terlihat sejak ia berumur enam tahun. Ia aktif mengambil peran sebagai jurnalis di koran sekolah dari sekolah menengah hingga universitas. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S-1 nya  di jurusan Komunikasi Massa sebelum mendapat beasiswa dari Asian Development Bank untuk pendidikan Master Manajemen di Filipina. Saat ini ia telah menjelajahi hampir seluruh provinsi di Indonesia dan 79 negara dunia. Meskipun telah berkunjung ke banyak negara, menurutnya Indonesia adalah negara terbaik.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kisah Trinity tak hanya berhenti di buku atau blog, tahun 2017 nanti kisah perjalanan nya akan diangkat ke layar lebar. Film TNT garapan sutradara Rizal Mantovani ini mengangkat kisah perjalanan Trinity di Filipina. Peran Trinity sendiri akan diperankan oleh aktris Maudy Ayundya, loh!

 
Sumber :

id.wikipedia.org

detik.com

naked-traveler.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih8%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi67%
Pilih TerpukauTerpukau8%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG FAIRUZ RANA ULFAH

Penikmat alam, kopi, sastra. Sedang tertarik dengan isu-isu kelas, gender, lingkungan. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata