Perubahan iklim merupakan isu yang menjadi perhatian dunia internasional dewasa ini. Sehingga berbagai macam upaya untuk mencegah terjadinya bencana akibat perubahan iklim tersebut dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan penghijauan kembali. Namun penghijauan yang dilakukan Indonesia kali ini cukup berbeda karena dalam rangka Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2016 yang lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia  (KBRI) Amman berhasil menanam 400 pohon di Taman Indonesia yang ada di Yordania.

Seperti diberitakan dari laman resmi kementerian luar negeri RI, Taman Indonesia merupakan hasil kerjasama antara KBRI dengan pemerintah Kota Salt, Yordania dan Jordan-Indonesia Friendship Association (JIFA) sebagai bentuk dukungan terhadap penhijauan di Yordania sekaligus sebagai promosi Indonesia hijau. 

Taman yang memiliki luas lahan 12 hektar tersebut berlokasi di tepi bukit dan menghadap hamparan hijau disebelah barat berbatasan dengan Palestina. Taman ini merupakan inisiatif Walikota Salt, Khalid Khashman yang bekerja sama dengan KBRI Amman setelah KBRI meresmikan dua Taman Indonesia sebelumnya di Kota Amman dan di Univesitas Philadelphia, kota Jerash. 

(Foto: dok. KBRI Amman)
(Foto: dok. KBRI Amman)

Jenis-jenis tanaman yang ditanam ditanam di taman tersebut merupakan tanaman yang memang cocok dengan iklim setempat seperti tanaman zanzalaq, yasmin azraq, zamzariq maupun tanaman lokal lainnya. Taman tersebut juta tampak terhiasi dengan gapura dan papan penunjuk bertuliskan Taman Indonesia.

Upacara pembukaan Taman Indonesia dimulai dari prosesi pengguntingan pita pada gapura gerbang masuk Taman, pemutaran lagu kebangsaan Indonesia dan Yordania, dan sambutan Walikota Salt, Ketua JIFA, Dubes RI, serta pembacaan syair puisi "Antara Jakarta dan Salt" oleh sastrawan Yordania, Abdurrahman Mubaiddin.

Dalam sambutannya, Walikota Salt menyampaikan terima kasih atas dukungan KBRI Amman dalam membantu penghijauan di kota Salt dalam bentuk Taman Indonesia. Disampaikan bahwa bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangun kerja sama yang lebih erat lagi di masa mendatang. 

Sementara itu, Ketua JIFA, menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk membangun hubungan bilateral dan membentuk citra positif Indonesia di masyarakat Yordania, khususnya di luar Ibukota Amman. JIFA juga menyampaikan komitmennya untuk membantu KBRI Amman dalam membuka kerja sama dengan mitra-mitra baru di seluruh Yordania.​

Dubes RI dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Walikota Salt yang telah memberikan lahan untuk membangun Taman Indonesia serta penanaman pohon, yang sesuai dengan komitmen bersama antara KBRI Amman dan Pemerintah Yordania dalam mempromosikan dan mendukung aksi penanggulangan perubahan iklim untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan. 

Sumber : Kemlu

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu