Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Inikah Emirates Stadium-nya Indonesia?

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Inikah Emirates Stadium-nya Indonesia?
Keterangan Gambar Utama © etrefleau.deviantart.com

Sudah lama, negeri pertiwi ini menyimpan impian menjadi tuan rumah Piala Dunia. Targetnya bisa jadi tuan rumah pada 2022, namun ternyata FIFA memilih Qatar untuk menjadi penyelenggara piala sepak bola paling bergengsi itu meski masih belum pasti lantaran Qatar disinyalir melakukan suap kepada FIFA dan bisa saja negara di kawasan timur tengah ini batal menjadi tuan rumah.

Sementara itu, meski pupus harapan, mantan Panglima TNI yang juga menjadi Calon Ketua Umum PSSI, Moeldoko pada September lalu membesarkan hati kita bahwa Indonesia bisa jadi tuan rumah Piala Dunia pada 2026 karena menurutnya infrastruktur yang dimiliki sudah cukup memadai.

Baca Juga

Kita bisa lihat dari pembangunan-pembangunan stadion oleh klub-klub sepakbola maupun pemerintah daerah di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang ngebut memperbaiki infrastruktur stadion menjadi lapangan yang berstandar internasional, salah satunya Persiba Balikpapan. Klub sepak bola asal Kalimantan Timur ini sudah mulai bersiap dengan stadion barunya yang digadang-gadang setara dengan Emirat Stadium punya Arsenal.

Desain Stadion Batakan
Desain Stadion Batakan

Pembangunan Stadion Batakan milik Persiba ini dikabarkan sudah rampung 95 persen dan akan siap beroperasi pada Juni 2017 mendatang. Stadion ini jadi stadion yang paling ditunggu karena ia akan jadi satu stadion terbaik di Asia Tenggara dengan standar internasional yang setara juga dengan kandang klub sepakbola Chelsea, Stamford Bridge.

Apa yang membuatnya setara?

Pertama, dari segi desain Stadion Batakan ini dibuat bergaya stadion-stadion di Eropa, yakni dari sisi luarnya terdiri dari dua level: ground level dan flyover. Kedua, rumput yang digunakan Stadion Batakan nantinya pada bagian dalam lapangan terbuat dari 97 persen rumput asli sedangkan rumput di bagian pinggir lapangan terbuat dari bahan sintetis.

Tak hanya itu, Staff Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan, Usman menegaskan bahwa infrastruktur dan fasilitas di Stadion Batakan dipastikan sudah bertaraf internasional. “Ini stadion terbaik di Asia. Bahkan kapasitasnya bisa menampung 40 ribu penonton. Jauh lebih megah dari Stadion Gelora Bung Karno. Semuanya bertaraf internasional," kata Usman.

Dilansir dari ANTARA, saat ini rumput khusus pesanan dari Malang, Jawa Timur tersebut masih dalam perjalanan dengan kapal laut dari Surabaya. Rumput akan ditanam dalam ukuran 20X20 cm. Panjang lapangan hijau adalah 105 meter dan lebar 68 meter.

Dijajal Klub Raksasa Eropa

Dengan dibangunnya Stadion Batakan di Balikpapan ini akan menambah daftar stadion bertaraf internasional yang ada di Indonesia dan bisa menjadi referensi utama bagi FIFA untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan akbar. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Kadin Balikpapan, Yaser Arafat.

Menyambung kalimat Usman, Yaser pun mengatakan kalau Stadion Batakan ini punya infrastruktur fasilitas yang mumpuni dan bertaraf internasional. Pun tidak hanya untuk menarik perhatian FIFA, Yaser sudah berencana akan mendatangkan klub-klub dari Inggris dan Italia untuk menjajal stadion yang menghabiskan dana sebesar Rp 1,2 Triliun itu.

Yaser mengaku pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan beberapa klub sepakbola Eropa untuk bermain di Stadion Batakan.

"Kami sudah berkomunikasi dengan mereka. Ada Inter Milan, Juventus, Arsenal, dan Liverpool. Semoga saja kalau ini jadi mereka mau menggelar laga di sini," ucapnya.

Dan lebih dekat lagi, dibangunnya Stadion Batakan akan mampu membuat Kota Balikpapan lebih ternama di mata internasional. Akan ada banyak retribusi yang bisa ditarik bila Stadion Batakan sudah beroperasi serta meningkatkan PAD Kota Balikpapan.


Sumber: diolah dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi2%
Pilih TerpukauTerpukau4%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara