Coba Picu Adrenalinmu di Perosotan Abangan Sepanjang 5 Km Ini!

Coba Picu Adrenalinmu di Perosotan Abangan Sepanjang 5 Km Ini!
info gambar utama

Waktu kecil rasanya kita senang sekali bermain perosotan. Permainan satu ini memang seru, pasalnya keberanian kita akan kecepatan dan ketinggian diuji dari permainan ini. Biasanya kita dapat menjumpai perosotan air di waterboom atau kolam renang. Beberapa perusahaan mencoba membuat perosotan yang akan dikenang di dunia seperti contohnya Verruckt waterslide yang telah dinobatkan sebagai perosotan tertinggi di dunia oleh Guiness Books of Record dengan ketinggian 168 kaki atau 94 inci lebih tinggi dari patung Liberty.

Berbeda dengan perosotan modern yang terletak di suatu waterboom dengan biaya yang mahal, perosotan yang satu ini bertempat di parit desa dikelilingi dengan sawah. Berlokasi di Desa Pringgata, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, perosotan yang bernama Abangan ini telah membangkitkan memori nostalgia ketika kita kecil dan bermain perosotan.

Abangan sendiri merupakan parit sepanjang 5 km yang dibangun pada masa penjajahan Belanda sejak tahun 1890-an. Parit yang masih kokoh ini mengalirkan air sebagai irigasi warga. Parit ini juga dijadikan pemandian ketika hari libur atau musim liburan.

Terdapat 2 buah jembatan yang meghubungkan Sungai Priggata dengan Sungai Taman Baru, dimana ujung dari jembatan ini terdapat perosotan sepanjang 100 meter yang memicu adrenalin. Aliran airnya cukup deras dan didukung kemiringan saluran irigasi ini yakni sekitar 45 derajat, saluran irigasi ini pun akhirnya dapat digunakan sebagai wahana perosotan tradisional. Derasnya aliran air disini memungkinkan kita untuk bergaya dengan berbagai macam gaya, seperti gaya selancar, duduk dan lain sebagainya.

Menikmati Derasnya Arus (Surga Wisata)
info gambar

Pada awalnya, hanya anak-anak desa setempat yang menikmati perosotan ini, namun hal ini kemudian menjadi terkenal karena tersebarnya video-video mengenai seluncuran ini. Pengunjung dari Mataram pun berdatangan, bahkan saat ini bule ikut datang dan mencoba sensasi waterslide ini. Bermain perosotan juga jadi seru dengan pemandangan hijau yang mengelilinginya, hal ini tentu memanjakan mata pengunjung. Selain itu, bermain disini dapat menghilangkan penatnya hiruk pikuk kota yang macet dan penuh polusi.

Saat ini untuk menikmati bermain perosotan di perosotan Abangan tidak dipungut biaya, namun pemerintah daerah setempat berencana memaksimalkanpotensi wisata di Desa Pringgarata, khususnya di parit Abangan agar masyarakat setempat bisa merasakan manfaat positif dari ebuah pengelolaan wisata di desa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini