Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Surprise! Bandara di Indonesia ini Dinobatkan Paling Tepat Waktu se-Dunia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Surprise! Bandara di Indonesia ini Dinobatkan Paling Tepat Waktu se-Dunia
Airport illustration | CGarchitect - Professional 3D Architectural Visualization User Community | Airport Aerial View 3D Rendering

Selain kenyamanan dan keselamatan, faktor ketepatan waktu juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan penumpang sebelum memesan tiket penerbangan.

Dan di bulan pertama tahun 2017 ini, lembaga analisis perjalanan udara asal Inggris, OAG, merilis riset mengenai maskapai penerbangan dan bandara yang paling tepat waktu di dunia selama tahun 2016 yang bertajuk ‘OAG Punctuality League 2016’.

Hawaiian Airlines dinobatkan sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu, dengan tingkat ketepatan (on-time performance/OTP) sebesar 89,9 persen. Sementara itu, Bandara Birmingham di Inggris dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu, dengan OTP sebesar 91,28 persen.

Yang membanggakan, Bandara Internasional Juanda di Surabaya juga dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu, dalam kategori bandara besar, dengan OTP sebesar 90,30 persen.

Bandara Juanda Surabaya | Asambackpacker01's Blog - WordPress.com
Bandara Juanda Surabaya | Asambackpacker01's Blog - WordPress.com



Bandara Juanda juga disebut sebagai satu-satunya bandara besar dengan OTP di atas 90 persen di dunia.

Urutan berikutnya ditempati oleh Bandara Honolulu di Amerika Serikat (87,53%), Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2%), Bandara Brasilia di Brasil (87,07%), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71%).

Secara keseluruhan, Bandara Juanda menempati urutan ke-tiga di antara seluruh bandara yang paling tepat waktu di dunia.

 Newcastle Airport | Chronicle Live
Newcastle Airport | Chronicle Live



Urutan ke-dua ditempati oleh Bandara Newcastle di Inggris (90,94%). Baik Bandara Birmingham serta Bandara Newcastle merupakan bandara dalam kategori menengah dan kecil.

Tentu saja PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Juanda merasa bangga dengan pencapaian ini.

“Hasil riset ini menjadi salah satu indikator keberhasilan kinerja Bandara Juanda selama 2016 dan merupakan pengakuan komunitas internasional atas salah satu fokus kami terhadap OTP demi pelayanan pelanggan,” Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S. Baskoro.

Baca Juga
Brasilia Int'l Airport | copa2014.gov.br
Brasilia Int'l Airport | copa2014.gov.br



“Harapan kami, pengakuan ini dapat memotivasi bandara lainnya di Tanah Air dalam meningkatkan OTP-nya,” lanjut Danang.

OAG menyoroti betul kinerja Bandara Juanda dan bandara lainnya di dunia, karena hasil riset ini diolah berdasarkan sekitar 54 juta catatan penerbangan selama setahun tahun lalu.

Bandara Juanda Surabaya | infolamongan.com
Bandara Juanda Surabaya | infolamongan.com



‘OAG Punctuality League 2016’ juga dibagi dalam beberapa kategori, untuk bandara dikategorikan menjadi empat, yaitu bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun), bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), bandara besar (10-20 juta penumpang per tahun), dan bandara utama (di atas 20 juta penumpang per tahun).

OAG mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan.

(Sumber : CNN Indonesia)

Pilih BanggaBangga79%
Pilih SedihSedih1%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau7%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas