Lupa Sandi?

Surga Romantis Dibalik Teluk Love

dani ari saputra
dani ari saputra
0 Komentar
Surga Romantis Dibalik Teluk Love

Surga Romantis Dibalik Teluk Love

teluk love dari atas bukit
teluk love dari atas bukit

 

Indonesia dikenal dengan wisata pantainya yang sangat menakjubkan, dari Sabang sampai Merauke di kelilingi hamparan pesisir pantai nan elok serta memanjakan mata manusia yang melihatnya. Tak heran jika para wisatawan berduyun-duyun datang ke negeri ini dengan sejuta pesona yang ditawarkan. Salah satunya mendatangi destinasi pantai yang terkenal seperti pantai kuta dan Pandawa  yang berada di Bali. Akan tetapi, pantai indah Indonesia bukan hanya ada di pulau Dewata saja, melainkan masih banyak pulau dan Kabupaten yang menyimpan sejuta ke megahan pantainya, salah satunya pantai Payangan yang ada di Kota Jember.

 Kabupaten Jember memilki destinasi wisata yang sangat menawan dan banyak mendatangkan para wisatawan asing maupun domestik, dan ketika berbicara masalah pantai pasti terpaku pada dua pantai yang senter dengan keindahan sunrise dan batu karang yang mencakar langit yakni pantai papuma jember atau dengan sebutan lain pantai tanjung papuma dan pantai watu ulo, namun disisi keindahan wisata pantai jember ada satu lagi yang masih belum banyak wisatawan yang datang dan masih sangat alami yakni merupakan tempat wisata yang terbilang baru yang berada di jember tepatnya di pantai selatan yang dikenal dengan pantai payangan, pantai ini mirip seperti lambang asmara ketika anda melihat dari atas bukit yang ada di lokasi pantai teluk love ini. Pantai Teluk Love berlokasi di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Baca Juga
senja sore hari di pantai payangan
senja sore hari di pantai payangan

            Pantai Payangan atau akrab disapa pantai Teluk Love ini sangat cocok sekali di kunjungi kaum pemuda-pemudi yang lagi kasmaran, karena background dari pantai tersebut akan membentuk sebuah Teluk Love jika di pandang dari atas bukit. Keindahan akan tampak lebih sempurna apabila dilihat ketika sang fajar mulai terbenam dan akan menambah segi keromantisan dari pantai ini. Ditambah lagi dengan suasana bukit yang masih asri dan satwa yang masih terjaga seperti monyet dan burung seakan menjadi saksi perjalanan cinta wisatawan yang berkunjung disana.

            Pantai teluk love sebenarnya berada di lokasi pantai payangan tepatnya -+200 mtr ujung timur pantai payangan, selain anda melihat pesona keindahan dan deburan ombak dengan suara ombak khas pantai selatan seakan tergelitik untuk bermain dibibir pantai, Pesona pantai teluk love sangat indah dan menawan dengan suasana pantai yang masih alami dan masih tergolong deretan pantai yang langsung berhadapan dengan samudra hindia akan memberikan suatu kesan yang tidak pernah terlupakan. Keindahan pantai Teluk Love akan semakin memikat hati ketika anda berjalan menuju bukit dengan nama Bukit domba, keindahan teluk love ini bisa anda saksikan dari atas bukit yang dikenal dengan nama bukit domba, kenapa dijuluki bukit domba, karena di sekitar area bukit terdapat beberapa domba milik masyarakat setempat yang juga ikut menyaksikan keindahan pantai tersebut.

            Mitos atau kepercayaan masyarakat sekitar pantai menambah suasana yang berbeda, sentak terdengar apabila menyatakan cinta di bukit tersebut dipercaya membuat hubungan langgeng hingga kakek nenek, masa iya ? coba dan buktikan saja sendiri. Surga cinta seakan terasa saat berada disana, di tambah lagi dengan terpaan angin nan manja serta deburan ombak yang se akan mengajak untuk menari dalam bautan romantisme. Bukit Teluk Love juga menyimpan sejarah silam, yaitu goa peninggalan jepang yang masih membekas di atas bukit. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, goa tersebut digunakan untuk lokasi persembunyian dan mengatur strategi  tentara jepang dalam melakukan peperangan.

jalan menuju goa jepang
jalan menuju goa jepang

            Rute menuju sebelum melihat indahnya Teluk Love butuh perjungan sejenak dengan berjalan kaki, akan tetapi pesona keindahannya menemani perjalanan menuju puncak bukit. Semakin tinggi perjalanan, maka semakin membius mata wisatawan yang semakin penasaran akan ke indahannya. Wisatawan bisa berhenti di pos-pos peristirahatan atau sejenak mampir di goa peninggalan jepang. Menambah segi keromantisan saat perjalanan menuju puncak ketika di temani sosok kekasih idaman, karena nama jalan menuju puncak terasa unik seperti “ jalan cinta,  jalan sayang  dan jalan rindu” yang di balut dengan hembusan angin yang se akan merestui perjalanan indah ini.

            Tapi sayangnya, keindahan pantai ini tidak dibarengi dengan pengelolaan yang memadai sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman. Pemerintah daerah seakan acuh tak acuh melihat fenomena ini, padahal destinasi wisata ini bisa menjadi bahan promosi serta menjadi pemasukan daerah dari sektor pariwisata. Sehingga “goal” yang didapat akan menumbuhkan perekonomian masyarakat Jember pada umumnya dan warga ambulu khususnya.

Artikel ini diikutkan dalam kompetisi menulis kabar baik GNFI #2

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga32%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang26%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau32%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG DANI ARI SAPUTRA

cukup pendiam tapi cerdik ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie