Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Menguak Keindahan Indonesia Bagian Tengah

Fafan Suryo
Fafan Suryo
0 Komentar
Menguak Keindahan Indonesia Bagian Tengah
Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok © Fafan Suryo

Kali ini saya akan membawa kalian semua untuk menjelajah keindahan Indonesia bagian Tengah, yaitu dari Lombok hingga Sumbawa, dari matahari terbit hingga terbenam, dari pegunungan hingga pantainya. Sebagai intro saya sedikit ingin mengenalkan Indonesia di mata saya pribadi, yuk langsung dimulai saja. Indonesia, ya siapa yang tak tahu dengan indonesia? Sebuah negara yang `diapit` oleh dua benua dan dua samudera ini ternyata memiliki banyak sekali potensi wisata alam. Dengan masuknya indonesia kedalam jajaran ring of fire atau cincin api pasifik, membuat indonesia dianugerahi deretan pegunungan baik yang aktif maupun yang sedang terlelap dan juga deretan perbukitan nan indah. Ketika pegunungan tersebut sedang aktif dan menggeliat tentu sedikit mengerikan, namun ketika sedang terlelap keindahannya tiada tanding.  Ngga percaya? Sebagai bukti inilah keindahan yang ada didepan mata saya ketika berada di Puncak Bukit Pergasingan yang terletak di desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Rinjani Berdiri Kokoh Didepan Mata
Rinjani Berdiri Kokoh Didepan Mata

Ya, didepan mata saya persis, berdiri dengan megahnya Gunung Rinjani. Gunung yang masih berstatus aktif tersebut pagi itu sangatlah indah, seperti memberikan ucapan selamat datang kepada saya dan teman teman. Dikelilingi perbukitan dan cuaca yang waktu saya mengambil foto ini sedang cerah cerahnya menambah kecantikan rupa Gunung Rinjani ini, Awesome.

Hamparan Sawah Cantik Didepan Mata
Hamparan Sawah Cantik Didepan Mata

Selain keindahan Gunung Rinjani yang dapat kita nikmati, dari Bukit Pergasingan ini kita juga disuguhi oleh penampakan deretan bukit bukit yang berbaris dengan indah dan juga hamparan sawah yang tertata rapi hingga membuat saya spechless dan tidak berhenti berdecak kagum, Amazing.

Setelah berpuas dengan pemandangan perbukitan, lalu saatnya menikmati suasana pantai. Dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, sudah bisa ditebak jika indonesia dianugerahi banyak sekali pantai yang sangat cantik. Baik yang berpasir ataupun bebatuan karang maupun berpasir putih, hingga berpasir hitam atau juga berpasir sekaligus ada susunan batuan karang? Ada juga! Semuanya indah, memang tiada duanya alam indonesia ini. Seperti pantai yang juga pernah saya kunjungi ketika di lombok, yaitu Pantai Tangsi / Pantai Pink yang terletak di Jerowawu, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Jika biasanya pantai berpasir putih polos / hitam, namun tidak dengan pantai ini, ya pasir pantai ini memiliki warna merah muda ataupun pink dan dilengkapi oleh air laut yang berwarna biru, semakin menambah indahnya pantai ini. Ada fakta menarik mengenai pantai ini, Pantai Tangsi ini merupakan salah satu dari dua pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. Selain disini, pantai dengan pasir berwarna merah muda juga bisa ditemui di kawasan Pulau Komodo, NTT.

Baca Juga
Jika Datang di Waktu Yang Tepat, Warna Pinknya Akan Lebih Terlihat
Jika Datang di Waktu Yang Tepat, Warna Pinknya Akan Lebih Terlihat

Lalu saya bergerak kembali setelah puas berfoto ria, mengabadikan keindahan pantai pink ini. Perjalanan berlanjut menuju Pantai Semeti yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah ini mempunyai keunikan yang menurut saya jarang sekali ditemukan di tempat lain.

Pasir Putihnya Berpadu Dengan Air Laut Yang Biru, Sangat Cantik!
Pasir Putihnya Berpadu Dengan Air Laut Yang Biru, Sangat Cantik!

Disini, selain pasir putih, air yang berwarna biru jernih, juga terdapat susunan bebatuan yang cukup unik, mirip dengan batu kriptonitnya superman, WOW!

Susunan Bebatuan Karang Yang Super Keren bin Ajaib!
Susunan Bebatuan Karang Yang Super Keren bin Ajaib!

Jadi selain berfoto dengan latar belakang pasir putih, birunya air laut dan bermain pasir hingga sepuasnya, kalian juga bisa berfoto dengan latar belakang yang super amazing ini. Dijamin ga bakal berhenti foto foto deh! Sudah cukup puas dengan keindahan pergunungan dan pantainya? Belum! Masih banyak lagi spot indah yang akan saya hadirkan untuk kalian semua untuk membuktikan bahwa Indonesia Memang Keren!

Oiya selain keindahan pegunungan dan pantainya yang indah, indonesia terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbit juga matahari tenggelamnya. Untuk melihat matahari terbit / sunrise saya akan membawa kalian dengan menyeberang ke Pulau Kenawa, yang terletak di Sumbawa, NTB.

Sunrise Cantik di Pulau Kenawa
Sunrise Cantik di Pulau Kenawa

Ketika berada di pulau kecil ini, pagi itu, saya lagi lagi dihadiahi oleh pemandangan luar biasa cantik. Ya, matahari mulai terbit dengan ditemani oleh sinar sinarnya yan berwarna merah gradasi orange, benar benar keindahan tiada tara!

Bukit Fotoable di Pulau Kenawa
Bukit Fotoable di Pulau Kenawa

Untuk dapat menikmati matahari terbit / sunrise menakjubkan diatas, kalian bisa terlebih dahulu camping camping cantik dipulau ini pada malam sebelumnya. Selain menikmati sunrise, camping camping cantik, disini juga salah satu spot yang fotoable banget lho, dijamin ngga akan nyesel kesini deh!

Oke, kali ini sebagai penutup saya akan menyuguhkan kalian salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam / sunset. Kita akan kembali ke Lombok. Spot sunset ini bernama Bukit Malimbu yang terletak di kawasan Senggigi, Kota Mataram, NTB. Tak jauh dari pusat kota, hanya menempuh 30 menit perjalanan, sudah sampai di Bukit Malimbu.

Matahari Tenggelam ditemani oleh Keindahan Gunung Agung
Matahari Tenggelam ditemani oleh Keindahan Gunung Agung

Sunset disini bisa saya katakan salah satu yang terbaik, terlebih jika cuaca cukup cerah, maka kalian bisa melihat matahari tenggelam dengan anggunnya plus penampakan pesona Gunung Agung yang terletak di Bali, juga bisa kalian nikmati dari sini. Indonesiaku Memang Keren!


Sumber :

Tulisan & Foto : Pribadi

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga79%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau21%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG FAFAN SURYO

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie