Lupa Sandi?

6 Hal Yang Buktikan Kalau Indonesia Itu Keren!

Edi Milala
Edi Milala
0 Komentar
6 Hal Yang Buktikan Kalau Indonesia Itu Keren!

Indonesia...

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata Indonesia?

Keindahan alamnya???

Keragaman budanya???

Kulinernya yang menggoda???

Keramahan masyarakatnya????

atau...

Korupsi???

Politik???

Caci maki???


Situasi  Indonesia memang terkadang tidak menentu, tapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati hidup di negara ini.

Namun sebagai warga negara Indonesia, ternyata sebagian orang merasa negara kita tidak lebih baik dari negara lain. Padahal dimanapun tempatnya, akan selalu ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tempat-tempat tersebut.

Indonesia adalah negara yang besar dan dianugerahi kekayaan yang melimpah, tapi tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Berikut ini ada 6 hal yang membuktikan Indonesia itu keren! Tak hanya itu saja, kamu juga akan  bangga menjadi warga negara Indonesia. Yuk disimak penjelasannya!

1. Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan total luas wilayah darat hingga 1.919.000 km2

Peta Indonesia. Sumber: infoindonesiakita.com
Peta Indonesia. Sumber: infoindonesiakita.com

Mungkin kalian sudah sering mendengar mengenai fakta yang pertama ini.
Tapi, apakah kalian tau kalau Indonesia tidak hanya negara kepulauan terbesar di dunia saja, namun beberapa pulau yang terdapat di Indonesia juga termasuk dalam 6 besar pulau terbesar di dunia?

Tiga pulau di Indonesia yakni pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua termasuk dalam 6 besar pulau yang ada di dunia loh.

Papua, dengan luas wilayah yang hampir mencapai 786 kilometer persegi menempatkan dirinya di posisi pulau terbesar kedua di dunia, kemudian disusul dengan pulau Kalimantan (743 kilometer persegi) di tempat ketiga, dan pulau Sumatera (473 kilometer persegi) di tempat keenam.
Wah, luar biasa ya, ternyata Indonesia bukan hanya negara kepulauan terbesar, tapi beberapa pulau kita merupakan pulau terbesar. Indonesia memang keren!


2. Negara dengan sumber daya alam yang melimpah

Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Kekayaan alam ini juga yang menarik bangsa-bangsa asing jaman dahulu untuk datang dan mengambil kekayaan alam yang kita miliki, salah satunya adalah rempah-rempah. Pada jaman dahulu, rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, tapi juga obat-obatan dan bahan pengawet.

Kekayaan alam berupa rempah-rempah adalah salah satu contoh kecil dari sekian banyak kekayaan alam yang kita miliki. Selain rempah-rempah, Indonesia memiliki tambang emas Freeport yang berada di Papua yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Kawah Freeport. Sumber: saripedia.com
Kawah Freeport. Sumber: saripedia.com

Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki harta karun tambang batu bara terbesar di dunia, yaitu tambang batu bara yang berada di Pulau Kalimantan dan Sumatra serta cadangan gas alam yang berada di blok Cepu dan blok Natuna yang akhir-akhir ini hangat diperbincangkan.

Pertambangan Indonesia. Sumber: rimbasupriatna.wordpress.com
Pertambangan Indonesia. Sumber: rimbasupriatna.wordpress.com

Indonesia juga salah satu penghasil gas cair terbesar di dunia loh, dan Riau, Papua, Sumatera Selatan, serta Jawa Timur adalah derah penghasil gas alam cair terbesar.

Ngga cuman itu aja, Indonesia juga memiliki kekayaan yang melimpah dari sisi kelautannya.
Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting bagi mamalia laut dunia. Dari sekitar 87 jenis mamalia laut di dunia, sebanyak 32 jenis mamalia laut dari kelompok paus, lumba-lumba dan dugong dapat dijumpai di Indonesia, termasuk Paus Biru (Balaenoptera musculus) yang saat ini berstatus terancam punah menurut kategori IUCN Redlist.

Laut Indonesia juga menjadi pusat penting keanekaragaman ikan hiu dan pari dunia. Dari 596 jenis hiu dan pari dunia, 157 jenis diantaranya dapat dijumpai di Indonesia (Rahardjo dkk, 2009), termasuk jenis hiu yang dikenal sebagai satwa laut terbesar di dunia yaitu Hiu Paus (Rhicodon typus) serta dua jenis pari karismatik, yaitu Pari Manta Oseanik (Manta birostris) dan Pari Manta Koral (Manta alfredi).

Selain keanekaragaman hiu dan pari, Laut Indonesia juga memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia, termasuk diantaranya Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera.

Dan yang tidak kalah mengagumkan adalah Laut Indonesia memiliki habitat terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Luas terumbu karang Indonesia mencapai 70 ribu km persegi (P2O LIPI, 2009) atau sekitar 14% dari luas karang dunia (Tomascik et. al, 1997). Dari 132 jenis ikan yang bernilai ekonomi di Indonesia, 32 jenis di antaranya hidup di terumbu karang serta terumbu karang yang sehat (pada suatu kawasan bentang laut) dapat menghasilkan 3-10 ton ikan per kilometer persegi per tahun.

Baca Juga
Photo alam bawah laut Indonesia. Sumber:  ashilanurulhuda.blogspot.com
Photo alam bawah laut Indonesia. Sumber: ashilanurulhuda.blogspot.com

Ungkapan lama yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang melimpah sumber daya alamnya bukanlah sekedar kiasan, tapi fakta diatas menunjukkan bahwa Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat melimpah. Yuk kita jaga dan lestarikan sumber daya alam yang kita miliki, biar masih bisa dinikmati anak cucu kita. Indonesia memang keren!


3. Negara dengan bahasa dan suku terbanyak di Dunia

Dengan wilayah yang luas dan memiliki budaya yang beragam, Indonesia juga memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia. Tercatat ada 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

Ragam bahasa dan budaya. Sumber: oht-webcontent.s3.amazonaws.com
Ragam bahasa dan budaya. Sumber: oht-webcontent.s3.amazonaws.com

Dan di Indonesia ada sekitar 1340 jenis suku di Indonesia. Dengan angka tersebut semakin memantapkan posisi pertama Indonesia sebagai jumlah suku bangsa terbanyak di Dunia. Meskipun begitu jumlah suku di Indonesia sulit sekali untuk dirincikan. Hal ini dikarenakan wilayah geografis Indonesia yang begitu luas dan tersebar ke beberapa pulau. Meski bahasa dan adat budaya yang beragam, kita tetap satu Indonesia. Yuk jaga persatuan bangsa. Indonesia memang keren!


4. Negara yang dikenal sebagai penghasil kopi dan kuliner terenak di Dunia

Indonesia juga termasuk negara yang kaya dengan tanaman kopinya. Perkebunan kopi banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Ada dua macam kopi Indonesia yang sangat terkenal hingga mendunia, yaitu kopi Sumatra dan kopi Luwak. Kopi Sumatra adalah jenis yang dipakai oleh Starbucks.

Kopi Indonesia. Sumber: xdesktopwallpapers.com
Kopi Indonesia. Sumber: xdesktopwallpapers.com

Selanjutnya ada kopi luwak yang dihasilkan di Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Kopi ini diambil dari sisa biji kopi yang dimakan luwak. Sisa berupa kotoran ini masih utuh berbentuk biji kopi karena perut luwak tidak bisa mencernanya. Biji kopi tersebut kemudian dicuci dan dipanggan, maka jadilah kopi Luwak. Kopi jenis ini adalah yang termahal di dunia dengan harga mencapai 300 dollar per setengah kilogramnya.

Ngga hanya dikenal dengan kopinya, Indonesia juga dikenal dengan kulinernya yang lezat dan kaya akan rempah, seperti Nasi goreng Indonesia yang berada di peringkat 2 dunia dan rendang menduduki peringkat pertama di dunia!

Rendang. Sumber: duniainter.net
Rendang. Sumber: duniainter.net


Masakan Indonesia  memang kaya akan bumbu, jadi tidak heran jika rendang dan nasi goreng menjadi kuliner 2 terenak di dunia. Indonesia keren!


5. Hewan jaman purbakala dan primata terkecil di Dunia ada di Indonesia

Bicara tentang hewan purbakala, tentunya kalian pasti sudah tau kalau Komodo adalah kadal terbesar di dunia yang hanya terdapat di Indonesia. Berita tentang komodo ini pertama kali di publikasikan pada tahun 1910 oleh bangsa Belanda saat melakukan ekspedisi ke Pulau Komodo, yang mana dua komodo ditembak mati dan kulitnya dibawa ke Pulau Jawa. Salah satu teori mengatakan kalau naga cina terinspirasi dari hewan ini.

Komodo. Sumber: TravelSupermarket.com
Komodo. Sumber: TravelSupermarket.com

Selain itu, Indonesia juga memiliki primata nokturnal kecil di Dunia yang disebut tarsius. Tarsius ditemukan di Pulau Sulawesi dan mereka dikenali dari mata mereka yang besar dan kepala yang dapat berputar hingga 360 derajat. Wah, Indonesia keren!

Photo Tarsius. Sumber: 1freewallpapers.com
Photo Tarsius. Sumber: 1freewallpapers.com


6. Anak muda Indonesia yang Mendunia

Siapa bilang bahwa anak muda Indonesia tak bisa berkarya di industri kreatif Internasional? Banyak anak muda Indonesia yang karyanya tlah mendunia dan diperhitungkan di dunia internasional, seperti Chris Lesmana, pria yang merancang mobil Volkswagen Up dan berhasil memenangi penghargaan 2012 World Car of The Year. Selain Volkswagen Up, Chris Lesmana juga berperan dalam pembuatan VW New Beetle. Atas karyanya tersebut, Chris berhak memegang hak cipta untuk jenis mobil yang lebih dikenal sebagai VW kodok ini.

Christ Lesmana. Sumber: indonesiaproud.wordpress.com
Chris Lesmana. Sumber: indonesiaproud.wordpress.com


Anak muda Indonesia juga banyak yang diperhitungkan oleh dunia dalam bidang ilustrasi dan animasi, seperti komik Transformer yang dibuat oleh Christiawan Lie, ilustrator asal Indonesia. Selain komiknya, ternyata ada juga anak muda Indonesia yang terlibat dalam pembuatan film Transformer 3D,  yaitu Andre Surya. Anak muda yang lahir di Jakarta pada 1984 ini awalnya bekerja sebagai digital artist. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya dalam bidang film di Kanada. Ia telah mendapat banyak penghargaan atas berbagai karyanya.

Andra Surya. Sumber: vistaeducation.com
Andra Surya. Sumber: vistaeducation.com

Tak hanya kaum pria, kaum wanita Indonesia juga turut berkarya di kancah Internasional. Dan Rini Sugianto adalah mampu membuktikan dirinya untuk berkarya sebagai animator kelas dunia. Wanita yang lulus dari sebuah universitas di San Fransisco ini awalnya hanya magang di sebuah perusahaan game. Karena usaha kerasnya, ia pun menemukan panggilannya sebagai animator. Film yang pernah digarapnya adalah The Adventures of Tintin dan The Avengers.

Rini Sugianto. Sumber: indonesia-feature.blogspot.co.id
Rini Sugianto. Sumber: indonesia-feature.blogspot.co.id


Rini Sugianto bukanlah satu-satunya wanita berprestasi dari Indonesia, selain dirinya juga ada Griselda Sastrawinata. Griselda Sastrawinata adalah wanita yang menyimpan banyak talenta yang menghasilkan prestasi tingkat dunia. Griselda bekerja di Dreamworks sebagai animator dan berperan dalam proyek film Shrek. Berawal dari hobi menggambar, Griselda pun memantapkan diri untuk kuliah di bidang ilustrasi di California. Sejak itu, ia terlibat dalam film-film bertaraf internasional.

 Selain dari industri kreatif, ternyata Indonesia juga memiliki desainer dengan karya yang mendunia loh.
Ada Tex Saverio yang merancang gaun Lady Gaga untuk pemotretan di Harper’s Bazaar, dan gaun Jennifer Lawrnce di film Hunger Games.

Photo Tex Saverio. Sumber: female.kompas.com
Photo Tex Saverio. Sumber: female.kompas.com

Tak hanya Tex Saverio, ada juga Sabbatha Raharzuardi yang tasnya digemari di kalangan selebriti, salah satunya adalah Katie Holmes. Nancy Go juga merancang tas Bagteria yang dipakai Paris Hilton, Emma Thompson, hingga Putri Zara Phillips.
Jangan mau kalah  ya, kita juga bisa kok seperti mereka, berkarya dan mengharumkan nama bangsa. Indonesia memang keren!

Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ada, marilah kita mencintai bangsa Indonesia dan terus berkarya untuk memajukan negri ini.
Kita harus sadar bahwa Indonesia adalah bangsa yang sangat besar dan kaya. 
Indonesia adalah negara yang kaya alamnya, budayanya, serta kulinernya, dan semua yang ada di dalamnya harusnya menjadi kebanggan bagi kita, warga negara Indonesia.

Karena itu, jangan terburu-buru putus asa atau hanya mencela saja, karena kita sendiri sebagai warga negara juga punya andil untuk ikut memajukan negara.

Mari bergerak dan berkarya, kita tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia luar biasa!
Indonesia Itu Keren!

"Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2"



Sumber :

id.wikipedia.org
ilmupengetahuanumum.com
ilmugeografi.com
greenpeace.org
travel.cnn.com
tentik.com

Save

Save

Save

Save

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG EDI MILALA

Halo! Aku Edi, tertarik dengan manusia dan cerita dibaliknya. Semoga kita bisa bertemu suatu hari nanti, dirumahku, rumahmu atau dipenghulu, eh! ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata