6 Jajanan Pasar Manis untuk Orang Indonesia Yang Manis Juga

6 Jajanan Pasar Manis untuk Orang Indonesia Yang Manis Juga
info gambar utama

Puthu

Kue Putu
info gambar

Suara khas yang keluar dari proses pengkukusan jajanan ini menjadi salah satu yang selalu diingat oleh masyarakat pada umumnya selain rasa dari kue puthu yang manis ini. Kue puthu merupakan kue yang berii gula jawa dan parutan kelapa. Dalam prosesnya kue beras puthu ini dipadatkan dengan tabung bambu yang kemudian diletakan diatas kukusan khas untuk kue ini. Meskipun kini penjual kue puthu tidak sebanyak dulu namun jajanan ini tetap ada dan masih diminati banyak orang. Untuk membeli kue puthu ini biasanya ada penjual yang menjajakan keliling desa atau juga bisa dibeli di pasar.

Klepon

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Berbentuk bola-bola kecil dengan tekstur yang kenyal dan memiliki isi gula jawa, jajanan pasar ini merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk menjadi bola kecil. Klepon memiliki dua warna yaitu putih dan hijau. Warna hijau pada klepon ini biasanya karena ditambah dengan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan. Pada saat dimakan, tekstur kenyal klepon akan terasa nikmat ketika gula merah atau gula jawa meleleh keluar dimulut.

Geplak

Geplak Jogja (sumber :GudegNet)
info gambar

Geplak merupakan salah sat makanan khas dari bantul, Yogyakarta yan terbuat dari parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir. Memiliki tekstur yang keras namun tidak terlalu keras, geplak pun memiliki ciri khas dengan warnanya yang warna-warni. Dalam proses pembuatannya, daging kelapa akan direndam kedalam air kelapa sampai minyaknya hilang, lalu daing kelapa tersebut dicuci dan diparut. Parutan tersebut kemudian dimasak bersama gula dan pewarna makanan. Setelah itu parutan kelapa yang sudah dimasak akan didiginkan dibentuk bulat. Dalam pewarnaan makanan biasanya menggunakan gula teebu untuk menghasilkan warna putih dan gula jawa untuk warna merah. Dalam perkembangannya, kini geplak juga memiliki rasa yang bervariasi seperti rasa strawberry, durian, jahe, kacang dan lain sebagainnya.

Cenil

Kue Cenil (Osengoseng.com)
info gambar

Salah satu jajanan pasar yang biasanya dihidangkan bersama dengan klepon, cenil merupakan jajanan pasar yang berbahan dasar tepung kanji. Kue cenil pada prosesnya merupakan tepun kanji yang dilarutkan dengan air putih dan diaduk hinga mengental kemudian diberi perwarna makanan dan dibentuk memanjang sesuai dengan selera, biasanya dibentuk sepanjang jari kelinking orang dewasa. Adonan ini kemudian direbus hingga cenil yang sudah jadi akan mengapung di permukaan air mendidih. Cenil yang sudah jadi tinggal digulingkan diatas parutan kelapa dan jadilah kue cenil yang lezat.

Kue Lopis

Kue lopis (sumber : okezone news)
info gambar

Berbentuk segitiga dan memiliki tekstur yang kenyal, kue lupis adalah salah satu jajanan pasar yang biasanya ibu-ibu sukai. Kue lupis terbuat dari beras keta yang dimasak dengan air hingga setengah matang lalu dibungkus memakai daun pisang lalu dikukus hingga sepenuhnya matang. Kue lupis biasanya disajikan dengan kuah dari gula merah yang direbus hingga meleleh sehingga rasa manis menambah kenikmatan dari kue ini.

Onde-Onde

Onde-Onde (sumber :makanajib.com)
info gambar

Onde-onde adalah jajanan pasar yang populer di Indonesia, berbentuk bulat dengan ukuran sedang dan terbuat dari tepung terigu ata tepung ketan. Didalam onde-onde terdapat isi yaitu kacang ijo yang lembut dan enak. Onde-onde ini dapat ditemukan dipasar dengan harga yang murah dan biasanya makanan ini menjadi cemilan untuk menemani sore hari yang indah disertai dengan teh hangat.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini