Desa Teletubbies Juga Ada di Yogyakarta

Desa Teletubbies Juga Ada di Yogyakarta
info gambar utama

Kita tentunya masih ingat dengan tayangan untuk anak kecil berjudul Teletubbies dimana 4 tokoh lucu bernama Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po menghibur anak-anak dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Teletubbies pun memiliki rumah didalam bukit yang indah. Apa jadinya kalau, rumah Teletubbies diwujudkan ke dunia nyata.

Rumah Dome Teletubbies © (sewarumahonline.blogspot.sg)
info gambar

Di Yogyakarta terdapat satu desa yang disebut desa Teletubbies karena bentuk rumahya yang unik. Terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan Yogyakarta terdapat sebuah desa yang rumah nya berbentuk dome kecl berwarna putih. Rumah dome ini awalnya dibangun utuk tempat inggal warga Desa Nglepen yang terkena dampak dari gempa besar tahun 2006. Penduduk desa kemudian dievakuasi ke tempat yang aman. Rumah dome ini merupakan bantuan dari World Association of Non-governmental Organization (WANGO) dan Domes of The World Foundation dimana donator tunggal dari pembuatan rumah ini adalah seorang pemilik Emaar Property Dubai bernama Ali Alabar. Rumah-rumah ini pun diresmikan oleh Prof. Dr. Alwi SIhab pada tangga; 29 April 2007 dan desa ini diberi nama New Ngelepen.

New Ngelepen (sumber : telusuriindonesia.com)
info gambar

Ternyata, bentuk rumah yang unik ini menjadi terkenal dan sering dikujungi wisatawan yang penasaran akakan isi dari rumah dome ini. Meski banyaknya wisatawan yang datang, ternyata kearifan lokal Yogyakarta yang ramah pun masih melekat pada penduduk setempat, sehingga wisatawan merasa nyaman berkunjung dan melihat isi dari rumah dome. Yang mengejutkan adalah meski rumah dome ini terlihat kecil, ternyata didalamnya memiliki beberapa ruang dan bahkan terbagi dari dua lantai. Uniknya konsep rumah dome ini adalah suhu didalam ruangan tetap stabil sehingga nyaman, misalkan diluar sedang panas terik karena sinar matahari, didalam ruangan tetap adem. Sebaliknya, ketika diluar dingin karena hujan lebat, didalam ruangan justru terasa hangat.

Rumah Teletubbies (sumber : telusuriindonesia.com)
info gambar

Konsep rumah dome ini pun bukan tanpa alasan, rumah dome ini dirancang untuk tahan gempa dan tahan api sehingga ketika gempa kembali terjadi lagi, mayarakat disini tetap tenang karena rumahnya tidak mudah ambruk dan hancur. Rumah dome di desa ini berjumlah 71 rumah yang ditinggali warga. Desa ini memiliki 6 fasilitas MCK (Mandi Cuci Kakus), satu aula, satu mushola yang mampu menampung hingga 80 jamaah dan satu klinik kesehatan.

Untuk wisatawan yang datang, kawasan wisata rumah Teletubbies ini juga menyediakan area perkemahan untuk pengungjung yang ingin berkemah di desa tersebut. Uniknya lagi, pada hari inggu atau hari libur, Teletubbies pun keluar dan berkeliling sehingga wisatawan disana dapat berpose bersama mereka.

sumber :

Disadur dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini