Dari saya kecil, saya melihat bahwa masyarakat indonesia sangat menyenangi obrolan disetiap kegiatannya. sebut saja pos ronda, bertemu teman lama (reuni) selalu ada obrolan didalamnya. Awalnya saya kira obrolan tersebut dapat terjadi dengan orang yang telah lama kita kenal, namun ternyata saya salah. Ternyata, obrolan hangat bukan saja dilakukan dengan orang yang telah lama kita kenal dan satu lingkungan rumah, namun hal tersebut juga dapat dilakukan oleh orang yang baru saja kita kenal, dan bisa juga dilakukan dengan orang yang berbeda daerah dengan kita. 

Hal ini, saya alami ketika menggunakan angkutan umum, kereta api yang harus saya lalui selama 12 jam. Beberapa kali, saya selalu mengobrol hangat dengan penumpang lainnya yang berbeda jurusan, berbeda asal daerah, bahkan berbeda suku dan budaya. Inilah keindahan indonesia, obrolan hangat yang dapat mengusir kebosanan, bahkan dapat berbagi pengalaman dari orang baru, sungguh menyenangkan. 

Pengalaman lain yang saya dapatkan saat ini adalah ketika saya melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja. Saya berkenalan dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia, dari sabang sampai merauke teman-teman saya berasal. Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua. Dari awal memulai perkuliahan ini, perkenalan dengan teman-teman ini begitu hangat. Memperkenalkan diri asal kami, sampai bertukar cerita tentang daerah kami masing-masing. Mulai dari perkenalan logat dan bahasa, kebiasaan daerah masing-masing, hingga wisata kuliner yang selalu membuat kami rindu dengan kampung halaman kami. Sungguh indah kehangatan obrolan kami, tidak sampai disitu, obrolan hangat kami pun masih berlangsung hingga saat ini. Berbeda daerah, tentu akan berbeda bahasa, berbeda budaya, berbeda kebiasaan, serta berbeda makanan favorit masing-masing. 

Obrolan hangat ini pun, sangat mudah kalian jumpai di Indonesia. Dari anak-anak kecil yang bermain bersama, belajar bersama di Sekolah, kegiatan di Pasar, obrolan hangat bersama minuman kesukaan masing-masing di rumah maupun di tempat makan. 

Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi motto negeri ini, sungguh terjalin. Berbeda tetap satu jua. Inilah keindahan Indonesia, mungkin obrolan hangat bisa menjadi salah satu ciri khas negeri ini. Seperti wisatawan asing yang sering bilang, bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang begitu ramah, dan itu benar adanya, obrolan hangat bisa menjadi salah satu tanda keramahan bumi pertiwi. 

Mungkin, masyarakat Indonesia sering lupa bahwa keramahan, keakraban antara masyarakat Indonesia salah satu keindahan yang ada di negeri ini, melalui obrolan hangat kita bisa membuktikan bahwa kita satu. 

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu