Siapa Sangka, Stadion Ini Disejajarkan dengan Stadion-Stadion Pilihan Dunia

Siapa Sangka, Stadion Ini Disejajarkan dengan Stadion-Stadion Pilihan Dunia
info gambar utama

Sepak bola memang tidak dapat dipisahkan dari stadion. Tanpa stadion, sepak bola mungkin hanya dianggap sebagai olahraga antar kampung ataupun. Bahkan kompetisi amatir pun dipersyaratkan agar bisa tetap menggunakan stadion. Meskipun tidak begitu banyak bisa mendatangkan penonton.

Lewat stadion, sepak bola berubah bak layaknya pertunjukan dihadapan puluhan ribu penonton yang hadir. Dua tim bertanding beradu taktik dan strategi untuk mampu menceploskan bola ke gawan lawan. Tidak sekali dua kali, kehadiran penonton juga memengaruhi atmosfer pertandingan. Itulah mengapa stadion bisa menjadi sebuah kandang mengerikan bagi lawan.

Hal tersebut terbukti ketika Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan timnas Thailand dalam babak semifinal piala AFF 2016 akhir tahun lalu. Saat itu pasukan Garuda berhasil menang dengan skor 2-1. Sontak penonton yang menghadiri Stadion Pakansari, Cibinong Jawa Barat bergemuruh mendukung Indonesia yang selankah lagi melaju ke babak final. Namun sayang, Merah Putih belum beruntung dan harus mengakui keunggulan Thailand saat melawat ke Stadion Rajamangala, Bangkok.

Kisah kemenangan sejenak di Pakansari tersebut memang telah lewat. Namun cerita lain muncul, kali ini datang dari sebuah situs penilai stadion-stadion di dunia, Stadium Database yang rupanya melirik Stadion Pakansari sebagai nominator Stadium of The Year 2016. Stadion Pakansari berada diantara 29 daftar stadion pilihan dari 21 negara di dunia.

Stadion Pakansari (Foto: imgrum)
info gambar

Stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut "sejajar" dengan stadion Vodafone Arena di Istanbul yang menjadi kandang Besiktas JK, stadion Park OL kandang Olympique Lyonnais, maupun stadion Ashton Gate kandang dari Bristol City FC.

Stadion terbaik akan dipilih berdasarkan penilaian beberapa arsitek dari empat negara dan pungutan suara secara publik mulai tanggal 30 Januari hingga 3 Maret 2017. Pemenangnya akan diumumkan pada 6 Maret untuk hasil penilaian juri dan 7 Maret untuk pungutan suara publik.

Ayo dukung stadion kebanggan Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini