Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Siapa Sangka, Stadion Ini Disejajarkan dengan Stadion-Stadion Pilihan Dunia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Siapa Sangka, Stadion Ini Disejajarkan dengan Stadion-Stadion Pilihan Dunia
Keterangan Gambar Utama © Pemilik Gambar

Sepak bola memang tidak dapat dipisahkan dari stadion. Tanpa stadion, sepak bola mungkin hanya dianggap sebagai olahraga antar kampung ataupun. Bahkan kompetisi amatir pun dipersyaratkan agar bisa tetap menggunakan stadion. Meskipun tidak begitu banyak bisa mendatangkan penonton.

Lewat stadion, sepak bola berubah bak layaknya pertunjukan dihadapan puluhan ribu penonton yang hadir. Dua tim bertanding beradu taktik dan strategi untuk mampu menceploskan bola ke gawan lawan. Tidak sekali dua kali, kehadiran penonton juga memengaruhi atmosfer pertandingan. Itulah mengapa stadion bisa menjadi sebuah kandang mengerikan bagi lawan.

Baca Juga

Hal tersebut terbukti ketika Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan timnas Thailand dalam babak semifinal piala AFF 2016 akhir tahun lalu. Saat itu pasukan Garuda berhasil menang dengan skor 2-1. Sontak penonton yang menghadiri Stadion Pakansari, Cibinong Jawa Barat bergemuruh mendukung Indonesia yang selankah lagi melaju ke babak final. Namun sayang, Merah Putih belum beruntung dan harus mengakui keunggulan Thailand saat melawat ke Stadion Rajamangala, Bangkok.

Kisah kemenangan sejenak di Pakansari tersebut memang telah lewat. Namun cerita lain muncul, kali ini datang dari sebuah situs penilai stadion-stadion di dunia, Stadium Database yang rupanya melirik Stadion Pakansari sebagai nominator Stadium of The Year 2016. Stadion Pakansari berada diantara 29 daftar stadion pilihan dari 21 negara di dunia.

Stadion Pakansari (Foto: imgrum)
Stadion Pakansari (Foto: imgrum)

Stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut "sejajar" dengan stadion Vodafone Arena di Istanbul yang menjadi kandang Besiktas JK, stadion Park OL kandang Olympique Lyonnais, maupun stadion Ashton Gate kandang dari Bristol City FC.

Stadion terbaik akan dipilih berdasarkan penilaian beberapa arsitek dari empat negara dan pungutan suara secara publik mulai tanggal 30 Januari hingga 3 Maret 2017. Pemenangnya akan diumumkan pada 6 Maret untuk hasil penilaian juri dan 7 Maret untuk pungutan suara publik.

Ayo dukung stadion kebanggan Indonesia.

Pilih BanggaBangga76%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Pencerita yang tiada habisnya. Mencari makna untuk cipta karya. Pembelajar yang kerap lapar. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie