Sejuta Keanekaragaman Indonesia

Sejuta Keanekaragaman Indonesia
info gambar utama

Berbicara tentang Keanekaragaman di Indonesia memang tiada ujungnya, dari Sabang sampai Merauke terbentang Keindahan Alam, Kehidupan Suku Bangsa yang Berdampindan dengan Budaya Warisan Ibu Pertiwi. Keanekaragaman itulah yang menjadi Semangat Persatuan & Kesatuan Indonesia dan Inilah Sejuta Keanekaragaman Indonesia.

Indonesia Negeri yang sangat Indah. Bagaimana tidak sekitar 1340 Suku dan 300 Etnik berada di dalam Jamrud Khatulistiwa. Dari mulai Suku Gayo di Aceh hingga Suku Dani di Papua. Keramah tamahan seluruh Suku Meleburkan diri menjadi Satu, Indonesia

Puluhan Ribu jenis Flora dan Fauna yang tersebar di 17.508 Pulau dengan garis pantai terpanjang di dunia, Puluhan Taman Nasional, Ratusan Gunung Berapi membuat Indonesia menjadi syurga dunia. Wisatawan dometik maupun mancanegara juga sudah membuktikannya, seperti di Pulau Bali yang setiap harinya didatangi jutaan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keindahan Indonesia itulah yang tidak dimiliki oleh Ratusan Negara lain di dunia.

Keanekaragaman Indonesia tidak hanya Suku dan Alamnya saja, Budaya di Indonesia juga Sangatlah Menpesona. Tarian tradisional, Rumah Adat, Pakaian Adat, Hingga Upacara Adat menjadi Bagiannya. Setiap daerah di Indonesia dapat dipastikan memiliki Tarian tradisional mulai dari Tari Remo di Jawa Timur, Tari Jaipong di Jawa Barat hingga Tari Selamat datang di Papua.

Kelezatan kuliner di Indonesia tidak kalah dengan Negara lain. Dengan ciri khas menggunakan rempah – rempah yang legendaris menjadikan masakan Indonesia berada di Level tertinggi. Menurut CNN Rendang menjadi menjadi raja kuiner di dunia dan Nasi goreng betengger di posisi kedua. Kuliner di setiap daerah juga memiliki ciri khas seperti masakan Padang yang identik dengan rasa pedas dan masih banyak daerah lain yang memiliki kuliner khas lainnya.

Keanekaragaman Indonesia tidak hanya dari Suku, Alam, Budaya serta Kuliner saja. Bahasa menjadi bagian dari Keanekaragaman di Indonesia. Ribuan bahasa tersebar di setiap sudut Bumi Pertiwi dan bahasa menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia.

Keanaekaragaman juga menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia. Menjaga dan Melestarikan Sumber daya alam, Kehidupan Suku Bangsa yang berdampingan dengan Budaya menjadi Tangung Jawab bersama. Karena, Warisan Ibu Pertiwi selalu Abadi.

Artikel ini diikutkan dalam kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini