Kabupaten Toraja memiliki tempat unik untuk menikmati kopi khas nya yang sudah terkenal hingga mancanegara di atas awan. Bagi yang ingin menikmatinya, dapat mengunjungi Puncak Lolai yang merupakan dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut. Tempat tersebut  berlokasi di  Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tempat ini terkenal dengan julukan Negeri di Atas Awan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Istri menikmati pemandangan Negerti di Atas Awan (Senin, 23/1/2017)
Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Istri menikmati pemandangan Negerti di Atas Awan (Senin, 23/1/2017)

Hal tersebut dikarenakan hamparan awan terlihat seolah lebih rendah dari tempat berpijak dan pengunjung dapat memegang awan tersebut. Pemandangan nya seperti saat sedang berada di pesawat, namun bedanya pengunjung bisa berkontak langsung dan tidak dibatasi oleh jendela. Hamparan awan tersebut sangat indah ketika dipancari oleh sinar matahari dan sesekali awan tersebut bergerak sehingga membuat pusat kota di bawahnya terlihat dan saat malam hari, tempat ini menyuguhkan pemandangan indah berupa lampu-lampu dari Kota Rantepao yang menakjubkan.

http://cdn2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/lolai-2365_20170123_151646.jpg

Di Puncak Lolai tersebut terdapat deretan Rumah Tongkonan yang dikenal sebagai Tongkonan Lempe. Di rumah khas Tana Toraja ini pengunjung dapat menikmati Kopi Toraja yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Rumah Tongkonan tersebut dapat disewa untuk beristirahat ataupun menginap. Selain itu, pengunjung dapat juga menyewa atau mendirikan tenda di Puncak Lolai untuk bermalam di atas awan tersebut. Lokasi dari Puncak Lolai ini termasuk daerah pelosok, namun sudah ada aliran listrik sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Lalu, pengunjung dapat mengunjungi lokasi tersebut menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Pengungjung sebaiknya membawa baju hangat karena suhu di atas awan ini relatif dingin.

Toraja menyimpan kekayaan alam dan budaya yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain di Indonesia sehingga tak salah jika ada slogan “Jangan Mati Sebelum ke Toraja”

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

 
Sumber : Annisa Dinta Andilolo

foto :

https://2.bp.blogspot.com/-Ci5dbJuBCfA/V15F9hKJSLI/AAAAAAAAAEA/J7prpZTALUIOqKAggfkszflfDPPbUlRDQCLcB/s1600/DLT_5213.JPG

http://foto.rakyatku.com

http://cdn2.tstatic.net

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu