Lupa Sandi?

Cara Kreatif Memberikan "Award" Kepada Karyawan

Roy Trinugrah
Roy Trinugrah
0 Komentar
Cara Kreatif Memberikan

Di dunia bisnis sering terjadi kesalahpahaman yang menganggap jika penghargaan untuk karyawan hanya dalam bentuk uang, seperti pemberian bonus atau kenaikan gaji. Untuk mebuat hal ini lebih bervariasi mungkin perusahaan harus mencari cara untuk memberikan penghargaan terhadap apa yang telah dicapai oleh karyawannya.

Boomingnya sosial media membuat seseorang bisa membagi ke ruang public tentang apa yang telah mereka capai. Disana mereka bisa mendapatkan pujian ataupun pengakuan yang tentu akan membantu dalam hal kepercayaan diri. Hal ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh HR perusahaan dalam memberikan bentuk penghargaan ke karyawannya. Perusahaan tinggal menentukan parameter-parameter yang digunakan sebagai penilaian. Selain akan meningkatkan kinerja karyawan kebiasaan ini mebuat suasana kerja yang tidak selalu untuk uang.

Berikut 4 cara untuk menghargai pencapaian karyawan secara kreatif.

  1. Jadikan Awards Sebagai Acara Tahunan.
    Beberapa perusahaan sudah menyiapkan acara tahunan seperti family gathering, buka puasa bersama, ataupun pesta natal didalam agenda tahunan mereka. Tetapi bagaimana jika perusahaan mebuat acara award dengan beberapa categori yang diperlombakan seperti karyawan paling disiplin, karyawan dengan performa terbaik, karyawan paling jarang sakit dan banyak categori lainnya sesuai kondisi di perusahaan anda. Tidak harus mendapatkan piala ataupun patung atas award tersebut, ingat yang terpenting disini adalah pengakuan.
  2. Libatkan Karyawan Dalam Meberikan Penilaian.
    Libatkan karyawan dalam memilih parameter penilaian maupun melakukan penilaian terhadap awards yang akan dilakukan. Hal ini akan berdampak terhadap penilaian yang lebih objektif serta hasil yang bisa diterima oleh semua pihak.
  3. Berikan Sertifikat Untuk Karyawan yang Berprestasi.
    Pemberian sertifikat adalah salah satu cara murah untuk kita mengakui pencapaian seorang karyawan. Berikan sertifikat secara loyal ke karyawan dengan tetap menjaga nilainya agar tidak terkesan murahan. Perusahaan bisa memberikan sertifikat ke pada sales yang melampaui target penjualan baik secara pribadi ataupun secara team. Nilai bonusnya bagi karyawan mereka bisa mengupload foto sertifikat dengan nama mereka tersebut ke akun media sosialnya.
  4. Berikan Voucher.
    Jangan remehkan voucher senilai 100.000 Rupiah karena hal itu mungkin cukup bearti karena didapat atas pencapain yang mereka lakukan dalam pekerjaanya. Sesekali cobalah berikan voucher belanja, voucher jalan-jalan, voucher nonton, atau lain sebagainya yang bisa mereka gunakan. Mungkin hal ini lebih bernilai dibandingkan anda memberikan uang yang nilainya 2 kali lipat lebih besar dari nilai voucher tersebut.

Point penting yang harus kita ingat adalah, karyawan akan senang jika pencapaian mereka diakui dan mungkin bagi sebagian orang hal itu lebih berharga dibandingkan dengan uang.

Baca Juga

Sumber: Payroll Software Indonesia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ROY TRINUGRAH

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie