Besarnya dukungan masyarakat Indonesia terhadap klub sepakbola Liverpool membawa dampak positif bagi wilayah yang menjadi markas klub yang dijuluki The Reds ini: Kota Liverpool.

Liverpool adalah salah satu klub sepakbola terbesar di Inggris, dengan jumlah suporter sebanyak 580 juta (data London School of Marketing pada 2015). Jumlah ini merupakan terbanyak kedua di dunia setelah Manchester United. Untuk media sosial, Liverpool memiliki penggemar Facebook sebanyak lebih dari 26 juta dan pengikut Twitter sebesar lebih dari 5 juta. Angka ini membuatnya menjadi klub Inggris paling populer di dunia maya.

Penggemar Liverpool dunia maya di Indonesia berada dalam posisi lima besar diantara klub sepakbola lainnya. Survei yang dilakukan klub yang bermarkas di Anfield Inggris tersebut pada 2015 lalu mendapati jumlah 8% untuk penggemar yang berasal dari Indonesia. Ini meneguhkan Indonesia sebagai salah satu penggemar terpenting bagi Liverpool.

Mengapa Indonesia Penting?

Pada Liverpool Echo, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan bahwa kedutaan telah mengembangkan kerjasama antara Indonesia dan negaranya di bidang bisnis, industri kreatif, pendidikan tinggi dan olahraga. Di bidang olahraga, para Kopites--sebutan bagi penggemar klub sepakbola ini--Indonesia bahkan mampu datangkan investasi ekonomi bagi Kota Liverpool.

Menurutnya  ada tiga hal yang diketahui masyarakat Indonesia tentang Liverpool, yaitu sepakbola, musik dan pelabuhan. Tak hanya soal sepakbola, lanjutnya, potensi ini mampu mendorong kerjasama ekonomi.

Dengan kekayaan berupa 17.000 pulau dan populasi lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia akan menjadi penggerak penting dunia di abad ke-21. Sebuah badan akuntansi raksasa dunia PricewaterhouseCoopers memprediksi Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomu terbesar keempat di dunia pada tahun 2050 mendatang. Artinya, semua negara akan berlomba-lomba untuk membangun kerjasama dengan Indonesia di berbagai bidang. Modal kedekatan dengan Indonesia dari keberadaan penggemar klub sepakbola Liverpool, membuat Inggris memiliki kesempatan lebih untuk membuka kerjasama bilateral dengan Indonesia.

Dimulai dari Kota Liverpool, tidak menutup kemungkinan akan meningkatnya posisi tawar ekonomi Indonesia bagi berbagai negara lain di dunia.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu