Besok! Telkom 3S Siap Diluncurkan, Ini Roketnya

Besok! Telkom 3S Siap Diluncurkan, Ini Roketnya
info gambar utama

Segala persiapan menjelang peluncuran Satelit Telkom 3S persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia telah dilakukan. General rehearsal dan launch readiness review menunjukkan segalanya siap untuk dioperasikan untuk meluncurkan roket Ariane 5 ECA pada 15 Februari 2017 pukul 04.39.

Sebagaimana rilis yang diterima GNFI, General Rehearsal dan Lauch Readiness Review merupakan hal penting yang harus dilakukan sebagai bentuk pemeriksaan mendetil terhadap situasi teknis sebelum roket diluncurkan.

Tahap berikutnya adalah Launch Readiness Review (LRR) yang merupakan pengecekan dan pengetesan seluruh elemen dan perangkat pendukung peluncuran. Hal tersebut mencakup segala daftar pengecekan mulai dari ruang kendali, roket hingga satelit. Tahap ini dilakukan agar saat peluncuran segalanya dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: Inilah Momen Menakjubkan Pemasangan Satelit Telkom 3S Pada Kepala Roket Ariane 5 ECA

“Syukur Alhamdulillah kedua tahapan akhir yang sangat krusial telah terlewati. Hasil pengetesan semua item teknis launch vehicle dalam kondisi on track dan hijau. Tidak ada kondisi yang mempengaruhi jadwal peluncuran, dan telah diambil keputusan untuk go ahead sesuai jadwal”, ungkap Direktur Network, IT and Solution Telkom Abdus Somad Arief yang telah berada di Guiana Space Center, Kourou Frech Guiana, usai mengikuti Launch Readiness Review (LRR) meeting dengan sejumlah personil penanggung jawab peluncuran dari Thales Alinea Space sebagai produsen pembuat satelit Telkom 3S maupun dari Ariane Space sebagai perusahaan peluncur satelit.

Pada kesempatan tersebut juga, Abdus Somad Arief didampingi tim teknis dari Telkom diberi kesempatan untuk membubuhkan tanda tangannya di atas fairing (tempat satelit) sebelum diletakkan di ujung roket peluncur. Prosesi ini biasa dilakuan menyambut hari peluncuran Satelit yang menandakan satelit beserta roket peluncurnya telah siap diluncurkan.

“Kami sangat berharap doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada agar Satelit Telkom 3S dapat diluncurkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, hingga pada akhirnya berada di orbit di atas Indonesia dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan telekomunikasi yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia”, demikian ujar ASA.

Untuk kawan yang ingin menonton live streaming proses peluncuran bisa menyimak di situs resmi Telkom 3S. Saksikan proses bersejarah telekomunikasi Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini