Forum Kepulauan Pasifik Belajar Demokrasi dari Pilkada Indonesia

Forum Kepulauan Pasifik Belajar Demokrasi dari Pilkada Indonesia
info gambar utama

Forum Kepulauan Pasifik (The Pacifik Island Forum), kunjungi Indonesia pada penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 15 Februari ini. Organisasi negara-negara pasifik tersebut akan memantau proses pemilihan di Jayapura, Papua dan Manokwari, Papua Barat.

Prinsip tata kelola yang baik dan pemilihan umum yang adil dan terbuka merupakan hal yang ingin dipelajari forum ini dari Indonesia. Negara-negara yang tergabung dalam Forum Kepulauan Pasifik perlu belajar dari Indonesia yang merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, tutur Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik Dame Meg Taylor.

Akun Forum Kepulauan Pasifik kabarkan rencana kunjungi Pemilukada Indonesia.
info gambar

Agenda ini terlaksana atas undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia dalam Program Kunjungan Pemilukada 2017. Sejak 2011, forum ini telah lakukan kunjungan pemilu di 21 negara. Dari kunjungannya mengamati Pemilukada serentak nanti, Forum Kepulauan Pasifik ini akan membuat pelatihan terkait hasil pengamatan mereka terhadap demokrasi Indonesia.

Saat ini terdapat 18 negara yang tergabung dalam forum tersebut. Diantaranya adalah Australia, Selandia Baru dan Papua Nugini.

Sumber: Pacific Island Forum Secretariat

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini