Beberapa hari ini dunia teknologi luar angkasa Indonesia memasuki babak baru. Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia bidang telekomunikasi, Telkom Indonesia telah berhasil menambah jumlah satelitnya di angkasa. Euforianya bahkan tidak kalah dengan perhelatan pemilu kepala daerah yang terjadi pada tanggal 15 Februari.

Terdapat banyak fakta menarik yang kawan perlu ketahui tentang satelit kebanggan bangsa ini. Berikut adalah fakta-faktanya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

1. Berhasil diluncurkan

Satelit Telkom 3S telah berhasil diluncurkan dan mencapai orbit perpindahan (transfer orbit) pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 yang lalu. Satelit tersebut diluncurkan dari Stasiun Luar Angkasa Guiyana menggunakan roket Ariane 5 ECA.

2. Membawa 42 transponder

Transponder yang dibawa Satelit Telkom 3S berupa transponder C-Band, Ku-Band dan C-Band Extended. Transponder-transponder ini digunakan untuk melayani kebutuhan komunikasi digital para pelanggan Telkom Indonesia

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

3. Tipe Satelit

Satelit Telkom 3S merupakan satelit dengan model Spacebus 4000b2 buatan Thales Alenia Space dari Perancis. Satelit ini memiliki kapasitas listrik 6,5 kW yang disuplai lewat dua "sayap" panel surya. Sedangkan bobot satelit sendiri mencapai 3,55 ton.

4. Satelit Telkom 3S turut membangun Wilayah 3T

Wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T) Indonesia yang selama ini tidak terjangkau pembangunan utamanya telekomunikasi, nantinya akan bisa terjamah lewat Satelit Telkom 3S. Hal ini penting karena persatuan dan kesatuan bangsa bergantung pada pemerataan pembangunan.

Kalimantan dari luar angkasa
Kalimantan dari luar angkasa

5. Satelit berada di atas Pulau Kalimantan

Usai berhasil diluncurkan dari roket peluncur, Satelit Telkom 3S masih akan melakukan perjalanan selama 4 hari untuk mencapai orbitnya. Orbit geostasioner yang menjadi tempat parkir satelit berada di 118 derajat bujur timur berada di atas Pulau Kalimantan dengan jarak 35.736 kilometer dari bumi.

6. Satelit ketiga yang dioperasikan oleh Telkom Indonesia

Satelit Telkom 3S merupakan satelit ketiga yang dioperasikan oleh Telkom Indonesia untuk menyediakan akses telekomunikasi yang berkualitas. Bersama Satelit Telkom 1 dan Telkom 2, satelit Telkom 3S akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

7. Kepanjangan dari nama 3S

Satelit Telkom 3S merupakan akronim dari Solid, Speed dan Smart yang merupakan komitmen Telkom Indonesia untuk membangun negeri lewat telekomunikasi.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu