“Nasi Padang itu, Bercita Rasa Asli Pongek Situjuah”

“Nasi Padang itu, Bercita Rasa Asli Pongek Situjuah”
info gambar utama

Tak terkatakan. Enaknya luar biasa. Khas Nasi Padang di Payakumbuh, Sumatera Barat. Namanya, Pongek Situjuah. Khas masakan Desa Situjuah di Payakumbuh, Sumatera Barat ini.

Lihat saja menunya; ada pongek cubadak (gulai nangka), pongek pisang (gulai pisang), goreng balado ikan situka asap (ikannya kecil-kecil seperti lele), gulai jantung pisang, goreng jengkol lado ijau dengan dicampur minyak kelapa.

“Rasanya, jangan ditanya lagi, super enak!” kata Nofrin Nafilus, penggiat pariwisata Sumbar.

Ada lagi menu cabe lado ijau minyak kelapa, goreng pakis cabe merah, gulai daun ubi rimbang, ikan panggang, dendeng batokok, goreng telur dadar kampung, goreng kerupuk ubi balado. Masih banyak menu super enak lainnya.

Plus ketan durian dan kawa daun yang terkenal itu. Untuk membuktikan nikmatnya makan khas Pongek Situjuah ini saja, perlu antri dan reservasi di rumah makannya. Memang industri kuliner tengah luar biasa di negeri asal makanan enak ini.

Khusus di rumah makan Pongek Situjuah, dikelilingi view sawah-sawah dan bukit menghijau di arah belakang. Nikmatnya semilir angin berbau alam dan sawah, sungguh tak terkatakan rasanya. “Sabana lamak.”

Pemilik rumah makan Pongek Situjuah ini, Uda Dendi sangat ramah dan melayani langsung tamunya. Luar biasa.

Sembari menunggu antrian, tak lupa, Uda Dendi terus menyapa dan meminta maaf telah menunggu. Sopan khas urang awak.

Payakumbuh memang beda. Pusat kuliner Sumbar ini menanti kedatangan setiap tetamu dari dari dalam dan luar negeri. Nasi Padang semakin enak di Situjuah Payakumbuh. Pongek Situjuah.***


Sumber : https://dodisyahputra.wordpress.com/2017/02/08/nasi-padang-itu-bercita-rasa-asli-pongek-situjuah/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini