Kerjasama Indonesia dan Amerika Perkuat Promosi Sektor Perikanan

Kerjasama Indonesia dan Amerika  Perkuat Promosi Sektor Perikanan
info gambar utama

Dengan ekosistem laut nusantara yang kaya serta keragaman biota laut yang sangat tinggi, Indonesia tentunya memiliki kekuatan yang cukup besar serta peran penting dalam dunia kemaritiman global. Melihat hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Amerika Serikat untuk memperkuat kerjasama regional dalam mempromosikan sektor kelautan dan perikanan.

Joseph Donovan, Duta Besar Amerika Serikat untuk RI menyatakan bahwa dengan peran penting Indonesia dalam dunia kemaritiman, pihaknya akan terus mendukung Indonesia dalam melestarikan keanekaragaman ekosistem lautnya yang sangat unik dan indah. “Kami memiliki tantangan di bidang kelautan yang serupa, karena itu diperlukan solusi bersama,” demikian diungkapkannya dalam sebuah acara di KKP Kamis, 16 Februari 2017 lalu.

Program kemitraan yang bernama “The Oceans and Fisheries Partnership” ini berguna antara lain memperkuat pemberantasan penangkapan ikan secara illegal, mempromosikan perikanan yang berkelanjutan dan emlestarikan keanekaramgaman hayati laut di wilayah Asia – Pasifika. Program ini adalah program kemitraan antara Lembaga Pembangunan Internasional AS (USAID) dengan Pusat Pembangunan Perikanan Asia Tenggara (SEAFDEC).

"Kami menyoroti kemitraan kuat di bidang konservasi dan penangkapan ikan secara ilegal yang menjadi prioritas bangsa Indonesia," kata Dubes AS. Donovan juga menuturkan, lembaga USAID mendukung upaya konservasi selama 24 tahun di Indonesia, dan hal ini merupakan komitmen jangka panjang dari pemerintah AS.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja berharap penguatan kerja sama itu juga dapat meningkatkan produktivitas perikanan, ketahanan pangan dan nutrisi, serta mata pencaharian berkelanjutan melalui konservasi habitat dan spesies kelautan.

"Ujung-ujungnya kami ingin mempromosikan perikanan berkelanjutan dan mencegah terjadinya IUU Fishing," katanya.


Sumber :okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini