Taj Mahal Versi Indonesia Ada di Aceh

Taj Mahal Versi Indonesia Ada di Aceh
info gambar utama

Jika ditanya mengenai bangunan bersejarah yang menjadi simbol cinta kasih yang abadi, banyak orang akan langsung merujuk pada satu bangunan, yaitu Taj Mahal di India. Ya, siapa yang tidak mengenal bangunan megah itu yang menjadi simbol cinta yang mendalam dari Raja Shah Jahan kepada sang permaisuri?

Ada pula Prasat Hin Phimai di Thailand serta Kastil Stratford yang megah di Durban. Bangunan – bangunan tersebut menjadi lambang cinta kasih yang mendalam dari para raja kepada istri mereka. Tidak kalah menariknya dengan cerita – cerita tersebut, jauh di ujung barat negeri ini, tepatnya di Aceh, berdiri pula bangunan yang menjadi bukti cinta sang raja pada permaisurinya. Taman Sari Gunongan, menjadi bukti cinta Sultan Iskandar Muda.

Prasasti yang menceritakan tentang pembangunan Gunongan (thearoengninangproject.com)
info gambar

Gunongan merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah Kerajaan Aceh yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar muda tahun 1607 – 1636.sultan Iskandar Muda yang berhasil menaklukan Kerajaan Johor dan Kerajaan Pahang di Semenanjung Utara Melayu jatuh cinta kepada Putri Kamaliah atau yang lebih dikenal dengan nama Putroe Phang. Putri yang dibawa dari Pahang ini sangat cantik, dan Sultan Iskandar Muda menjadikannya sebagai permaisuri.

Rasa cintanya yang sangat besar pada sang permaisuri membuat Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah taman sari yang indah, sebagai pengobat kerinduan Putroe Phang atas daerah pegunungan tempat ia berasal. Maka didirikanlah Gunongan yang akhirnya dipersembahkan kepada sang putri sebagai tempat menghibur diri dan menghabiskan waktu.

Bentuknya merepresentasikan daerah pegunungan tempat Putroe Phang berasal (brothers-grouop-eng.com)
info gambar

Kata “gunongan” berakar dari kata “gunung” dalam Bahasa Melayu serta diberi akhiran ‘an’ yang berarti “bangunan seperti gunung.” Sesuai dengan namanya, bangunan ini menyerupai bukit – bukit layaknya di daerah pegunungan. Bangunan ini merupakan replika pegunungan dengan meniru topografi gunung yang bertingkat tiga dengan bagian puncak yang berbentuk seperti Menara.

Selain sebagai tempat untuk bercengkerama, Gunongan merupakan tempat bagi permaisuri untuk berganti pakaian setelah mandi di sungai yang mengalir di tengah – tengah istana. Gunongan ini merupakan bagian utama dari kompleks taman istana yang sangat luas, yaitu Taman Ghairah. Saat ini, kompleks Taman Ghairah yang sangat luas itu hanya memiliki empat bangunan tersisa, dan salah satunya adalah Gunongan yang berdiri kokoh setinggi 9,5 meter.

(©wikimedia.org)
info gambar

Keseluruhan bangunan ini berwarna putih, seolah ingin menggambarkan ketulusan dan kemurnian sebuah rasa cinta. Selain menyerupai gunung, bangunan ini juga menggambarkan sebuah bunga yang dibangun dalam tiga tingkat. Setiap sudutnya dilengkapi dengan altar serta ornamen berbentuk bunga mekar berdaun runcing. Pintu masuknya berada di sisi selatan dengan ukuran yang sangat rendah, melambangkan sikap hormat yaitu menunduk ketika kita hendak masuk bertamu ke rumah – rumah orang di Aceh.

Lorong menuju puncak Gunongan hanya cukup untuk dilalui satu orang, dengan lantai yang beralas rumput dan dinding berbentuk kelopak bunga. Dengan ornamen seperti itu, wajar bila sang permaisuri menyukai Gunongan sebagai tempat menghibur diri. Detail yang dipenuhi bunga dan warna putih menjadi simbol cinta yang cukup mendalam dari sang raja kepada permaisurinya.

Tak jauh dari lokasi ini terdapat makam Sultan Iskandar Tsani, menantu Sultan Iskandar Muda (triptrus.com)
info gambar

Saat ini, Gunongan menjadi lokasi wisata sejarah yang terletak di Kota Banda Aceh, berada tepat di Jl. Teuku Umar No.1. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Belasan hingga puluhan pengunjung bertandang tiap tiap hari, menyaksikan dan menelusuri keagungan sebuah bangunan yang menjadi simbol cinta kasih seorang kepada yang lain. Tidak perlu jauh – jauh ke India untuk melihat bangunan megah bukti cinta, sebab Indonesia juga punya!


Sumber : thearoengbinangproject.comsejarahaceh.my.idatjechpost.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini