Vancouver merupakan kota terbesar di Provinsi British Columbia, Kanada, dan di kota inilah berdiri sebuah kedai kopi yang istimewa. Nusa Coffee muncul ditengah-tengah masyarakat Vancouver, membawa cita rasa kopi khas Nusantara. Tidak hanya menawarkan kopi, Nusa Coffee juga menghidangkan berbagai jajanan Indonesia. Maka, tak salah apabila Nusa Coffee dipandang sebagai pintu gerbang menuju budaya kuliner Indonesia, seperti yang diuraikan oleh wartawan Vancouver Sun.

Adalah Liza Wajong, CEO sekaligus salah satu pendiri Nusa Coffee di Vancouver. Kedai kopi tersebut terbilang unik, karena menjadi satu dari sedikit tempat yang menghadirkan nuansa kuliner Indonesia. Namun tidak hanya mengandalkan potensi yang mampu memperkenalkan kekayaan Indonesia di Kanada, Liza Wajong juga memiliki tujuan lain. Ia mengharapkan Nusa Coffee menjadi tempat yang menyajikan kopi sekaligus membantu para petani kopi di Indonesia.

“Lima persen dari penghasilan kami (Nusa Coffee) diperuntukkan bagi para petani kopi yang menjadi mitra kami.” kata Liza.

Liza Wajong, CEO sekaligus pendiri Nusa Coffee. Tidak hanya mengenalkan kopi Nusantara, ia berharap agar Nusa Coffee mampu membantu para petani kopi di Indonesia
Liza Wajong, CEO sekaligus pendiri Nusa Coffee. Tidak hanya mengenalkan kopi Nusantara, ia berharap agar Nusa Coffee mampu membantu para petani kopi di Indonesia © Chuck Chiang (Vancouver Sun)

Ia juga menambahkan, bahwa kemitraan yang dijalin antara Nusa Coffee dengan para petani kopi di Indonesia juga bertujuan untuk menyokong kesejahteraan keluarga petani dan melindungi lahan kopi dari ancaman ekspansi industri minyak kelapa sawit yang seringkali berdampak negatif bagi lingkungan.

Butuh dua tahun untuk mempersiapkan Nusa Coffee hadir di tengah-tengah masyarakat Vancouver sembari menjual biji kopi yang diimpor dari Indonesia. Hingga pada Januari, kedai kopi Nusantara tersebut resmi dibuka. Salah satu produk andalan mereka adalah Kopi Luwak yang terkenal memiliki karakter rasa yang khas.

Biji kopi yang dijual di Nusa Coffee
Biji kopi yang dijual di Nusa Coffee © Sindonews.com

Tidak hanya Kopi Luwak, Nusa Coffee juga menjual biji kopi yang berasal dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, hingga Flores. Liza Wajong berharap dengan variasi kopi yang dihadirkan, masyarakat Vancouver menjadi akrab dengan Indonesia yang memiliki kekayaan yang beranekaragam, khususnya kopi.

“Sudah banyak orang yang tahu kopi Sumatera dan mereka bisa mendapatkan itu di mana saja. Namun kopi Indonesia sangat banyak jenisnya dan cara untuk mengenalkan kekayaan ragam kopi Indonesia adalah melalui secangkir kopi.” ucap Liza Wajong.

Cita rasa kopi Nusantara inipun mendapat sambutan positif dari para pecinta kopi di Kanada. Shirley dan Mike Wong misalnya, dua orang blogger pecinta kopi dari Vancouver, menuliskan pengalaman mereka ketika mengunjungi kedai tersebut. Yang membuat mereka tertarik untuk mengunjungi Nusa Coffee adalah kedai tersebut menjual kopi premium khas Indonesia.

Meskipun kedai baru tersebut memiliki tempat yang relatif kecil dan pilihan rasa yang masih terbatas, namun sejumlah kesan positif dirasakan oleh Mike dan Shirley. Mereka terkesan dengan rasa unik kopi Toraja yang memiliki sensasi rasa cokelat, ceri, dan rempah yang khas.

Selain itu, kue pastel (dinamakan “Indonesian Samosa” di kedai tersebut) terasa unik. Berbeda dengan kue samosa India yang berkarakter pedas, kue pastel Nusa Coffee justru terasa manis di lidah mereka. Kue pastel berisi telur, wortel, bihun, dan jamur kuping memberikan cita rasa samosa yang berbeda.

Kue pastel (Indonesian samosa) yang dipesan oleh Mike Wong. Berbeda dengan samosa India, kue pastel ini memiliki rasa yang manis
Kue pastel (Indonesian samosa) yang dipesan oleh Mike Wong. Berbeda dengan samosa India, kue pastel ini memiliki rasa yang manis © Vancouver Barista

Harga kopi dan jajanan yang ditawarkan di kedai tersebut relatif murah (setidaknya untuk standar orang Kanada). Harga secangkir kopi Toraja dan seporsi kue pastel masing-masing 3 Dolar Kanada. Secara keseluruhan, mereka memberikan nilai 4,06 dari skala 1 sampai 5. Angka yang cukup bagus bagi kedai perintis kuliner Indonesia di kota besar asing seperti Vancouver.

Kualitas Kopi Nusantara di Mancanegara

Memang sudah jamak ditemukan sejumlah nama kopi Indonesia di Amerika Utara. Meskipun demikian, masih banyak penikmat kopi di Amerika Utara yang tidak menyadari variasi dan kualitas kopi Indonesia yang beranekaragam.

“Saya kira tidak banyak orang yang tahu betapa bagus mutu kualitas kopi Indonesia,” kata Rick Masana, direktur dari Republica Coffee Roasters yang mengolah biji kopi dari Nusa Coffee.

Kualitas kopi, menurut Rick Masana, diukur berdasarkan sistem 100 poin. Rata-rata kualitas kopi di kota Vancouver memiliki kisaran nilai 84-88 poin. Namun kualitas kopi racikan Nusa Coffee berada di atas rata-rata Vancouver. Nilai tertinggi kualitas kopi Nusa Coffee mampu mencapai angka 94. Kualitas tinggi biji kopi tersebut disebabkan karena daratan Indonesia didominasi oleh tanah vulkanis yang subur sehingga berpengaruh terhadap kualitas kopi yang ditanam di Indonesia.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan kualitas kopi yang terbaik di dunia dan kami yakin karena kami telah mengimpor kopi dari 54 negara.” puji Rick Masana.

Aneka ragam kopi khas Indonesia. Tingginya angka produksi serta kekayaan cita rasa membuat kopi Indonesia diakui kualitasnya di dunia
Aneka ragam kopi khas Indonesia. Tingginya angka produksi serta kekayaan cita rasa membuat kopi Indonesia diakui kualitasnya di dunia © bennylin / CC BY-SA 2.0

Berdasarkan data dari International Coffee Organization, Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Tidak hanya angka produksi yang tinggi, Indonesia juga diberkahi dengan cita rasa kopi yang kaya dan khas pada tiap pulau. Tak heran, Indonesia menjadi bagian dari penghasil kopi berkualitas untuk dunia.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber.

Sumber Gambar Utama: SindoNews.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu